ADVERTISEMENT

Selasa, 12 Jul 2022 09:00 WIB

Konsultasi Kesehatan

Pusing dan Jantung Berdebar Setelah Makan Durian, Kenapa ya Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Harga Durian Musang King dan Black Thorn Naik di Singapura Durian. (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Pertanyaan:

Izin bertanya Dok...

Saya sering tiba-tiba pusing dan jantung berdebar setelah makan durian. Itu kenapa ya Dok?

Anto (Pria, usia tidak disebutkan)

Jawaban:

Tiba-tiba pusing dan jantung berdebar cepat memang merupakan salah satu efek samping dari konsumsi durian yang berlebihan. Hal ini disebabkan karena durian merupakan salah satu buah yang mengandung kalium paling tinggi. Kalium adalah salah satu dari elektrolit penting dalam mekanisme kontraksi otot jantung.

Jika terdapat kadar kalium yang tinggi di dalam darah dapat menyebabkan gangguan irama jantung. Terlebih bagi seseorang yang sudah mengalami gangguan fungsi ginjal, bisa menyebabkan kegawatdaruratan hingga menyebabkan kematian.

Selain itu, durian juga mengandung kadar gula yang tinggi, sehingga konsumsi yang berlebihan tentu akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Jadi, ke depannya, konsumsi buah durian secukupnya saja ya. Apabila keluhan tersebut masih berlanjut, ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter.

dr I Made Tirta Saputra
Dokter Umum RS Pondok Indah - Pondok Indah

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Mujarab! Ramuan Rempah Ini Bisa Atasi Migrain"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT