ADVERTISEMENT

Selasa, 12 Jul 2022 11:16 WIB

Apakah Cumi Mengandung Kolesterol? Kata Dokter Sih Ada, Tapi...

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Kebiasaan Makan yang dapat Memicu Kolesterol Tinggi Apakah cumi mengandung kolesterol (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Apakah cumi mengandung kolesterol? Mengingat makanan seafood satu ini sering kali digemari oleh banyak orang, terutama masyarakat Indonesia. Bahkan, banyak juga yang mengkonsumsi cumi-cumi dengan berbagai macam menu, seperti cumi goreng tepung, cumi saus mentega, dan sebagainya.

Meskipun demikian, banyak juga yang ogah menyantap cumi lantaran disebut mengandung kolesterol. Lantas, benarkah demikian? Simak informasi berikut.

Apakah Cumi Mengandung Kolesterol?

Dokter ahli gizi masyarakat sekaligus pendiri Dr Tan & Remanlay Institute, Dr dr Tan Shot Yen, M Hum, menjelaskan bahwa makanan, seperti cumi dan udang memang ada kolesterolnya. Namun, lemak jenuh yang terkandung di dalam seafood seperti cumi sangat minim atau sedikit.

"Seafood seperti cumi, udang, kepiting, dan sebagainya, memang ada kolesterolnya. Tetapi tolong diingat lemak jenuhnya sangat minim. Itu sebabnya orang-orang Jepang, mereka juga makan seafood, makan segala macam, ada cumi, udang, tapi cara masaknya beda sama kita. Kalau kita cumi goreng tepung, udang saus mentega," ujarnya dalam program e-Life, detikcom, Jumat (8/7/2022).

dr Tan juga mengungkapkan, jika cumi dan udang dimasak dengan cara yang benar dan sehat, seperti capcay atau dipepes, itu akan baik-baik saja asal dikonsumsi dengan batas wajar.

"Kalau misalnya cumi atau udangnya dibikin capcay kuah atau dibikin pepes udang, itu baik-baik saja," lanjut dr Tan.

Sebagai informasi, kolesterol merupakan zat yang berfungsi untuk membantu metabolisme tubuh. Terdapat dua jenis kolesterol di dalam tubuh, yaitu kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL).

Fungsi dari kolesterol HDL adalah menjaga metabolisme tubuh, sedangkan kolesterol LDL atau jahat sangat berisiko memicu penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung hingga stroke.

Adapun kadar kolesterol total yang baik bagi tubuh manusia berada di bawah 200 mg/dl, HDL lebih dari 35 mg/dl, LDL kurang dari 130 mg/dl, dan trigliserida kurang dari 250 mg/dl. Oleh karenanya, penting bagi kita untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap normal.



Simak Video "Ini Cara Sehat Olah Daging Kambing "
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT