ADVERTISEMENT

Rabu, 13 Jul 2022 09:01 WIB

Kenapa Setiap Bercinta dengan Istri Mr P Tidak 'Bangun' ya Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Banana peeled Foto ilustrasi: iStock
Jakarta -

Pertanyaan:

Dok, saya ingin bertanya. Kenapa setiap kali saya berhubungan intim dengan istri saya, Mr P (penis) saya tidak bangun?

A (Pria, 42 tahun)

Jawaban:

Terkadang memang ereksi tidak bisa 100 persen atau keras sekali seperti saat usia remaja hingga 20 tahunan akhir. Namun, ini tidak akan mengganggu penetrasi dan kenikmatan saat berhubungan intim.

Bila maksudnya tidak bisa ereksi sama sekali, perlu dicari tahu penyebabnya, terutama karena usianya masih tergolong muda. Beberapa penyebabnya seperti:

  1. Apakah ada penyakit tertentu yang mengganggu perdarahan dan persarafan di area penis. Penyakit ini perlu diatasi, misalnya diabetes.
  2. Apakah pernah ada cedera sebelumnya?
  3. Kapan mulai tidak bisa ereksi, apakah ada gangguan psikologis dan emosi. Misalnya perasaan wajib, bersalah, kebosanan ataupun suasana yang kurang mendukung. Stres pekerjaan, anak-anak yang tidur dekat orang tua juga bisa membuat pikiran dan perasaan terganggu.
  4. Apakah sama sekali tidak ada gairah? Atau hanya tidak keras tapi masih bisa penetrasi.

Tips untuk mengatasinya:

  • Lakukan medical check up untuk mengetahui kondisi kesehatan secara umum, bisa di rumah sakit atau melalui home care.
  • Lakukan olahraga teratur, agar kondisi bugar dan aliran darah lancar. Juga bisa dilakukan latihan kegel yang melatih otot-otot penis sendiri atau juga dilakukan bersama pasangan sebagai gaya hidup sehat serta waktu berkualitas berdua.
  • Buat suasana rileks dan nikmati hubungan intim dengan istri. Misalnya dengan foreplay yang menyenangkan. Sempatkan untuk kembali berpacaran dan punya waktu berdua. Tidak memikirkan pekerjaan atau anak-anak misalnya.
  • Tidak harus memaksakan diri untuk ereksi maksimal untuk penetrasi, bisa menikmati kemesraan dengan berpelukan atau belaian atau ciuman.
  • Diskusikan secara terbuka dengan pasangan supaya bisa saling mendukung.
  • Bila perlu periksakan ke dokter urologi atau andrologi atau ke psikolog.

dr Eddy Wiria, PhD
Co-Founder dan CEO Kavacare.id

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Klinik Pengobatan Mak Erot Juga Bisa Tangani Keluhan Mr P Patah"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Breaking News
×
Update Korban Tragedi Kanjuruhan
Update Korban Tragedi Kanjuruhan Selengkapnya