ADVERTISEMENT

Rabu, 13 Jul 2022 10:47 WIB

Apakah Asam Urat Bisa Sembuh? Dokter Ungkap Faktanya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Tanda asam urat Apakah asam urat bisa sembuh? (Foto: Getty Images/iStockphoto/Boyloso)
Jakarta -

Apakah asam urat bisa sembuh? Mengingat senyawa yang disebut gout ini alami diproduksi oleh tubuh. Namun, apabila produksi asam urat berlebihan hingga menumpuk di persendian, kondisi ini bisa menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan, seperti radang sendi. Begitu juga jika kadar asam urat yang terus-menerus tinggi dapat menyebabkan batu ginjal dan mempengaruhi fungsi ginjal.

Adapun penyebab asam urat tinggi dapat dipicu oleh purin, yaitu zat kimia yang secara alami ditemukan di dalam tubuh, serta beberapa makanan tertentu, obat-obatan, alkohol, hingga makanan-minuman manis.

Terdapat beberapa gejala yang muncul apabila seseorang mengalami kadar asam urat yang berlebih, yaitu nyeri di bagian jempol kaki, pergelangan kaki, lutut, siku, hingga tangan. Begitu juga dengan tulang belakang pun bisa terkena asam urat meskipun kasus ini jarang sekali ditemukan. Lantas, apakah asam urat bisa sembuh? Simak informasi berikut.

Apakah Asam Urat Bisa Sembuh?

Konsultan senior dari departemen reumatologi dan imunologi di Singapore General Hospital (SGH), dr Tan York Kiat, menjelaskan bahwa pengidap asam urat tidak akan pernah bisa sembuh. Hal ini karena asam urat merupakan penyakit jangka panjang yang dapat dikendalikan dengan kombinasi obat untuk mengontrol kadarnya di dalam tubuh.

Selain itu, obat antiinflamasi juga digunakan untuk mengobati asam urat apabila kambuh. "Menurunkan kadar asam urat adalah kunci untuk mengobati asam urat, dan pasien harus memahami hal ini. Dalam jangka panjang, jika tidak menggunakan obat penurun asam urat, asam urat akan kambuh lagi," kata dr Tan.

"Kami tahu bahwa menempatkan pasien pada terapi penurun asam urat sejak dini membantu. Dengan menurunkan asam urat dalam darah ke tingkat tertentu, kemungkinan terkena serangan asam urat berkurang drastis," sambungnya.

Beberapa obat dapat mengurangi pembentukan asam urat dalam darah dan juga bisa meningkatkan ekskresi asam urat dari sistem urine. Namun, pengidap juga perlu mengimbanginya dengan asupan makanan yang sehat. Beberapa makanan yang kaya akan purin juga harus dihindari, seperti:

  • Hati
  • Ginjal
  • Jantung
  • Jeroan lainnya
  • Ikan teri
  • Ikan bilis dan sarden
  • Ikan kembung
  • Kerang
  • Alkohol


Simak Video "Dokter: Gejala Penyakit Pasca-Lebaran Biasanya Tidak Spesifik"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT