ADVERTISEMENT

Kamis, 14 Jul 2022 18:04 WIB

WHO: Kasus Hepatitis Misterius Global Tembus Seribu!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
HEPATITIS written on a wooden block near a stethoscope, syringe and pills on a blue background. Medical concept Foto: Getty Images/iStockphoto/ALENA DZIHILEVICH
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan setidaknya sudah ada 1.010 kasus hepatitis misterius atau peradangan hati parah pada anak-anak. Kasus tersebut menyebar di 35 negara sejak pertama kali terdeteksi pada 5 April lalu.

Dikutip dari laman United Nation, di antara kasus tersebut, 22 anak meninggal. Menurut penilaian WHO, risiko penyebaran hepatitis akut ini tergolong sedang.

Dari 100 kemungkinan kasus dengan data klinis yang tersedia, gejala yang paling sering dilaporkan adalah mual atau muntah (dalam 60 persen kasus), penyakit kuning (53 persen), kelemahan umum (52 persen) dan sakit perut (50 persen). .

Waktu rata-rata antara timbulnya gejala dan rawat inap, adalah empat hari.

Dalam tes laboratorium, WHO mengatakan bahwa hepatitis A hingga E belum ada pada anak-anak yang terkena. Patogen lain seperti virus corona terdeteksi dalam sejumlah kasus, tetapi datanya tidak lengkap, kata badan kesehatan PBB itu.

"Adenovirus, yang menyebabkan berbagai penyakit, seperti pilek, demam, sakit tenggorokan dan pneumonia, telah menjadi patogen yang paling sering terdeteksi dalam kasus hepatitis anak," kata WHO.



Simak Video "Dua Dugaan Penyebab Hepatitis Akut Misterius"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT