ADVERTISEMENT

Jumat, 15 Jul 2022 08:30 WIB

Dikaitkan dengan Ivana Trump Meninggal, Seperti Apa Tanda-tanda Henti Jantung?

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
NEW YORK, NY - OCTOBER 17:  Ivana Trump attends the 2011 Angel Ball To Benefit Gabrielles Angel Foundation at Cipriani Wall Street on October 17, 2011 in New York City.  (Photo by Andrew H. Walker/Getty Images) Ivana Trump (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Istri pertama mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Ivana Trump meninggal dunia di usianya yang 73 tahun. Diduga karena mengalami henti jantung atau cardiac arrest.

Dikutip dari New York Post, penyebab henti jantung Ivana Trump diyakini akibat insiden atau kecelakaan. Pihak polisi menemukan dirinya ditemukan tewas di bawah tangga rumahnya.

Hingga kini belum ada pernyataan resmi keluarga Trump terkait dengan penyebab pasti meninggalnya Ivana. Namun, sejumlah sumber menyebutkan dirinya kemungkinan jatuh dari tangga.

Seperti apa tanda-tanda henti jantung?

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari Rumah Sakit Siloam, dr Vito Damay, SpJP(K), MKes, AIFO-K, FIHA, FICA, FAsCC, menjelaskan henti jantung adalah kondisi jantung yang tidak memompa secara efektif untuk mengalirkan darah ke pembuluh darah sistem tubuh.

"Henti jantung itu Jantung tidak memompa secara efektif untuk mengalirkan darah ke pembuluh darah sistem tubuh kita," ucapnya saat dihubungi oleh detikcom, Jumat (15/7/2022).

Kondisi ini bisa disebabkan oleh serangan jantung, infeksi berat, radang berat, atau hal lainnya seperti gangguan irama jantung fatal. Menurut dr Vito, tanda-tanda seseorang mengalami jantung, seperti tiba-tiba pingsan tanpa ada tubrukan hingga tidak sadarkan diri.

"Bisa disebabkan karena serangan jantung, infeksi berat atau radang berat atau hal lainnya. Misalnya gangguan irama jantung fatal," lanjutnya.

"Tiba-tiba pingsan tanpa ada tubrukan, tidak sadarkan diri," ucap dr Vito.

Oleh karenanya, dr Vito menyebut apabila ada seseorang mengalami henti jantung penting untuk segera melakukan resusitasi jantung sebagai pertolongan pertama.

Simak Video 'Ivana Trump Meninggal Dunia, Diduga Kena Serangan Jantung':

[Gambas:Video 20detik]



(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT