ADVERTISEMENT

Jumat, 15 Jul 2022 09:00 WIB

Konsultasi Kesehatan

Mudah Lelah hingga Napas Terasa Berat, Benarkah Tanda Jantung Rusak Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi sakit jantung Foto ilustrasi : Getty Images/iStockphoto/spukkato
Jakarta -

Pertanyaan:

Halo Dok, izin bertanya. Dalam beberapa hari ini jantung saya tidak terasa berdetak, lalu mudah lelah dan napas berat. Apa ini tanda jantung saya rusak? Terima kasih.

Z (Wanita, usia tidak disebutkan)

Jawaban:

Bila kondisi ini sering terjadi dan mengganggu, sebaiknya dibawa ke dokter untuk diperiksa Elektrokardiogram (EKG). Ini untuk melihat irama jantung.

Hal sederhana juga bisa dengan merasakan pulsasi denyut nadi, di pergelangan tangan atau di leher. Tapi, bila tidak tahu caranya, lebih baik ke dokter terdekat untuk diperiksakan.

Bila ada blokade irama jantung, atau juga gangguan irama perlu penanganan lebih lanjut untuk mencegah risiko henti jantung atau komplikasi emboli misalnya. Dan tidak boleh dianggap sepele, risikonya bisa berat.

dr Eddy Wiria, PhD
Co-Founder dan CEO Kavacare.id

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Hindari Serangan Jantung Saat Bersepeda!"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT