ADVERTISEMENT

Minggu, 17 Jul 2022 12:07 WIB

Lucinta Luna Oplas Melulu, Aman Nggak Sih? Ini Kata Profesor Bedah Plastik

Irene Putri Wibowo - detikHealth
Lucinta Luna Lucinta Luna (Foto: dok. TikTok @lucintaluna12)
Jakarta -

Baru-baru ini operasi plastik marak dibicarakan oleh publik. Operasi plastik identik dengan cara untuk memperindah diri sendiri secara instant. Namun, apakah aman operasi plastik dilakukan berkali-kali?


Operasi plastik bertujuan untuk membentuk bidang-bidang tertentu di wajah. Terdapat dua jenis operasi plastik, yakni bedah plastik rekonstruksi dan bedah plastik estetik. Dengan arti bahwa bedah plastik rekonstruksi merupakan upaya mengatasi permasalahan yang disebabkan oleh kecelakaan, cacat bawaan, sumbing, dan luka bakar. Hal ini berupaya untuk mendekati memperbaiki wajah hingga normal akibat kecacatan.

Sedangkan ranah estetik ialah orang normal seperti orang tua ingin terlihat muda, hidung yang kurang mancung ingin terlihat lebih mancung, dan dagu persegi ingin lebih runcing. Hal ini mengindikasikan bahwa orang normal ingin terlihat menjadi supernormal yang lebih indah. Bedah plastik belum tentu kecantikan, bisa jadi sebuah rekonstruksi.

Syarat utama seorang yang ingin melakukan bedah estetik adalah sehat dan dewasa di atas 17 tahun. Public figure Indonesia, Lucinta Luna melakukan tiga kali operasi plastik dalam waktu dekat.

Berbicara di program Elife detikcom, Prof David Perdanakusuma, SpBP, dokter ahli bedah plastik menjelaskan ada beberapa risiko prosedur operasi plastik. Risiko yang dimaksudkan adalah pembengkakan wajah selama tiga hingga lima hari, kemudian setelah itu wajah akan kembali menjadi normal dan simetris seperti semula.

Risiko operasi lainnya yakni pembekuan darah. Pembekuan darah dapat dialami oleh orang-orang usia lanjut atau sedang mengonsumsi obat pengencer darah. Tetapi jika ingin melakukan operasi bedah plastik, maka harus dihentikan terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti rembesan darah, pembuluh darah, pendarahan, dan saraf.

Harus dalam kondisi sehat, tidak memiliki penyakit seperti jantung dan diabetes merupakan syarat utama dalam menjalani operasi plastik. Pengidap diabetes diperbolehkan mengikuti prosedur bedah plastik apabila relative sehat alias terkontrol.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Berkali-kali Operasi Plastik, Amankah?"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT