ADVERTISEMENT

Senin, 18 Jul 2022 13:30 WIB

Melly Goeslaw Lakukan Operasi Bariatrik, Adakah Risikonya?

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Jakarta -

Melly Goeslaw dalam unggahan video di akun instagramnya menyatakan telah melakukan operasi bariatrik. Meskipun penyanyi sekaligus pencipta lagu ini tidak bercerita secara detail tentang operasi yang ia lakukan, ia menyebut hal ini dilakukan untuk mencapai tubuh ideal dan sehat.

"Aku melakukan BARIATRIC, temen2 silahkan di browsing ya apa itu Bariatric, aku pasti akan share juga nanti operasinya, dan semua perjalanan kedepannya mencapai tubuh ideal dan sehat pastinya," kata Melly, dikutip dari Instagramnya, Senin (18/7/2022).

Operasi bariatrik atau bariatric surgery merupakan pembedahan sebagian lambung atau bypass usus yang dilakukan untuk menurunkan berat badan. Biasanya, metode ini dilakukan untuk pasien yang memiliki berat badan berlebih, serta mengurangi risiko masalah kesehatan yang berpotensi mengancam jiwa.

Namun, tidak semua orang yang kelebihan berat badan bisa melakukan operasi bariatrik. Perlu memenuhi pedoman medis tertentu untuk memenuhi syarat melakukan operasi ini termasuk perubahan permanen untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

Setelah operasi biasanya dokter menyarankan berpartisipasi dalam rencana tindak lanjut jangka panjang yang mencakup pemantauan nutrisi, gaya hidup dan perilaku, dan kondisi medis.

Risiko Operasi Bariatrik

Dikutip dari Mayo Clinic, seperti halnya prosedur besar lainnya, operasi bariatrik memiliki potensi risiko kesehatan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Risiko yang terkait dengan prosedur pembedahan dapat mencakup:

  • Pendarahan berlebihan
  • Infeksi
  • Reaksi negatif terhadap anestesi
  • Pembekuan darah
  • Masalah paru-paru atau pernapasan
  • Kebocoran di sistem pencernaan
  • Kematian (jarang terjadi)

Pada beberapa kasus komplikasi jangka panjang, bisa menyebabkan batu empedu, hernia, gula darah rendah, dan malnutrisi.

(mfn/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT