ADVERTISEMENT

Kamis, 21 Jul 2022 06:46 WIB

Ulasan Khusus

Bukannya ke UGD, Banyak Pasien Patah Penis Malah 'Sowan' Mak Erot

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Topik Hangat Reparasi 'Si Anu'
Jakarta -

Penis patah atau fraktur merupakan salah satu kedaruratan medis, wajib segera mendapat penanganan di rumah sakit. Tapi kenyataannya, ada juga yang lebih percaya cara tradisional. Mak Erot misalnya.

Hal ini diungkap oleh Haji Saepudin (63), salah seorang penerus terapis alat vital Mak Erot yang legendaris, yang berpraktik di Cibubur. Ia mengaku sebagai cucu tertua wanita asal Sukabumi tersebut.

Menurut Saepudin, penis patah terjadi karena ada saraf yang putus karena cedera saat bercinta. Ia mengaku, ada beberapa pasien dengan keluhan tersebut datang kepadanya.

"Jadi bengkok, diluruskan susah," katanya kepada detikcom, (Rabu (20/7/2022).

Muhammad Dasep (33), anak Saepudin, menyebut terapi penis patah bukan hal yang mudah dilakukan. Demikian juga dengan pasien yang ingin memperbaiki bentuk penis karena tidak lurus.

"Itu harus rutin nggak sekali dua kali. Karena itu kan nggak mudah juga," ujar Dasep.

Lipsus Mak EROT untuk detikhealthPeranti untuk terapi Mr P di klinik Mak Erot. Foto: Rachman_punyaFOTO

Penis patah dalam kedokteran

Di dunia kedokteran, penis patah memiliki definisi berbeda. Bukan sekedar saraf putus, penis patah umumnya terjadi karena robekan atau cedera serius pada corpus covernosum yakni rongga di dalam batang penis yang dipenuhi darah saat ereksi.

Tanda yang teramati adalah hilangnya ereksi seketika, dan menyebabkan nyeri luar biasa. Kepala Departemen Urologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia RS Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM), dr Irfan Wahyudi SpU, menambahkan ada suara patahan yang menyertai.

"Apabila timbul kondisi ini, segera datang ke rumah sakit untuk ditangani karena membutuhkan tindakan operasi untuk eksplorasi dan menjahit robekan selaput jaringan ereksi penis yang terjadi," kata dr Irfan kepada detikcom, Selasa (12/7/2022).

Bila tidak segera ditangani akan timbulnya jaringan parut yang menyebabkan penis menjadi bengkok hingga disfungsi ereksi.

(up/up)
Topik Hangat Reparasi 'Si Anu'

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT