ADVERTISEMENT

Jumat, 22 Jul 2022 11:00 WIB

Pepaya Bisa Memperbesar Payudara? Kata 'Mak Erot' Sih Begitu

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Lipsus Mak EROT untuk detikhealth Pengobatan klinik Mak Erot. Foto: Rachman_punyaFOTO
Topik Hangat Reparasi 'Si Anu'
Jakarta -

Jika mendengar nama 'Mak Erot' mungkin yang otomatis terlintas di kepala adalah tempat pengobatan alternatif alat vital pria. Namun, ternyata tak sedikit pasien wanita yang datang berobat ke klinik pengobatan tradisional ala Mak Erot.

Haji Saepudin (63), seorang praktisi pengobatan tradisional yang mengaku sebagai cucu pertama Mak Erot, mengakui ada banyak pasien wanita datang dengan permintaan ingin memperbesar payudara.

Menurut pria yang sudah berpraktik ala Mak Erot selama puluhan tahun ini, pasien wanita akan ditangani oleh terapis wanita, termasuk istrinya.

"Cewek ada, cewek ditangani perempuan juga sama bu Haji, Bu Atikah (istri Haji Saepudin). Keluhannya dari segi payudara, pengen punya keturunan, atau kepunyaanya (kelaminnya)," ujarnya ditemui detikcom di Cibubur, Rabu (20/7/2022).

Menurutnya, beberapa pasien wanita juga datang dengan keluhan keputihan hingga ingin dikarunia keturunan.

"Ada juga yang perempuan mau puas sama suaminya dateng suami-istri pilih ukuran. Keputihan juga bisa ada juga, pengen punya keturunan bisa," sambungnya.

Haji Saepudin menuturkan, metode yang digunakan saat mengobati pasien wanita berbeda dengan pasien pria. Pasien wanita diwajibkan mengonsumsi pepaya rebus yang disediakan dalam pengobatan.

"Kalau cewek beda (metodenya) dia pakai pepaya. Cuma air ramuan sama buah aja," pungkasnya.

Pepaya Bisa Membesarkan Payudara?

Menurut beberapa pakar kesehatan, pepaya mengandung enzim yang dapat merangsang hormon esterogen, progesterone, dan prolaktin yang berperan membantu pertumbuhan payudara.

Kandungan fitoestrogen, antioksidan, dan phytosterol pada pepaya dipercaya dapat merangsang pertumbuhan payudara sekaligus meningkatkan retensi air dan lemak di dada. Namun, belum ada bukti ilmiah yang secara spesifik menyebut pepaya yang direbus mampu memperbesar ukuran payudara.

NEXT: Pandangan medis tentang memperbesar payudara.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cucu Mak Erot Keluhkan Adanya Klinik yang Mencatut Namanya"
[Gambas:Video 20detik]
Topik Hangat Reparasi 'Si Anu'

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT