ADVERTISEMENT

Kamis, 21 Jul 2022 07:39 WIB

Remaja Putri Tampak Loyo dan Sering Pusing? Hati-hati, Mungkin Ini Penyebabnya

Indi Mutiara Saniyah - detikHealth
Anemia di mata Siswi SMA Siswi-siswi SMAN 1 Cibinong (Foto: Indi Mutiara Saniyah/detikHealth)
Cibinong -

Jangan anggap remeh keluhan loyo dan sering pusing, terutama jika dialami oleh remaja putri. Butuh penanganan agar tidak berdampak lebih serius di kemudian hari.

Pusing dan tampak loyo merupakan tanda-tanda kekurangan darah dan zat besi yang kerap dialami remaja putri. Hal ini diungkap Hj Eli Supartini, Kepala SMA N 1 Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Sebelumnya, SMAN 1 Cibinong rutin melakukan pemberian tablet tambah darah (TTD) untuk para siswi. Namun program tersebut sempat terhenti karena COVID-19, dan akhirnya memberikan dampak pada beberapa siswi.

"Ketika anak-anak masuk sekolah kelihatan sedikit loyo," ujarnya, ditemui di Cibinong, Kamis (21/7/2022).

"Kami mendapatkan data-data di sekolah, ketika anak menstruasi mereka itu banyak mengeluh. Entah perutnya melilit, entah badannya bagaimana," lanjutnya.

Dampak kekurangan darah disadari juga oleh para siswi. Setidaknya, mereka paham bahwa kondisi tersebut bisa menyebabkan anemia yang berdampak pada masa depannya.

"Saya tahunya kayak kekurangan darah gitu doang Kak. Bisa bahaya saat nanti perempuan itu lagi hamil," kata Lita Nurapianti, murid kela XII MIPA 4.

Walau tanda-tandanya mudah dikenali, faktanya anemia kerap terabaikan. Banyak yang mengalami keluhan pusing dan mudah loyo, tetapi baru menyadari dirinya mengidap anemia setelah periksa.

"Kadang kita juga nggak tahu itu anemia. Kan dampaknya pusing. Kita kayak aduh cuma pusing doang," kata siswi lainnya, Salsabila Azzahra, juga dari kelas XII MIPA 4.



Simak Video "4 Komitmen Pemerintah untuk Cegah Anemia pada Remaja Putri"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Breaking News
×
Update Korban Tragedi Kanjuruhan
Update Korban Tragedi Kanjuruhan Selengkapnya