ADVERTISEMENT

Jumat, 22 Jul 2022 10:40 WIB

Joe Biden Minum Paxlovid untuk COVID-19, Obat Jantungnya Disetop

Vidya Pinandhita - detikHealth
President Joe Biden speaks about Ukraine in the Roosevelt Room of the White House, Friday, Feb. 18, 2022, in Washington. (AP Photo/Alex Brandon) Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Foto: AP Photo/Alex Brandon
Jakarta -

Dokter dari Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menyetop penggunaan obat jantung lantaran Biden kini mulai menggunakan Paxlovid untuk mengobati COVID-19. Mengapa demikian?

Koordinator virus Corona Gedung Putih, dr Ashish Jha, menyebut langkah penghentian pengobatan jantung selama rezimen lima hari antivirus Paxlovid sangat standar dilakukan. Pakar medis juga menyorot penggunaan Eliquis pengencer darah untuk mengobati fibrilasi atrium atau kondisi detak jantung yang tidak teratur, saat Biden menggunakan Paxlovid.

Diketahui, Biden sempat selamat dari dua aneurisma otak pada 1988. Obat Eliquis bekerja menurunkan risiko stroke dan pembekuan darah pada orang dengan fibrilasi atrium.

"Ini adalah hal yang sangat standar dan umum yang kami lakukan ketika kami memberikan Paxlovid kepada orang-orang," ujar Jha, dikutip dari New York Post, Jumat (22/7/2022).

"Kamu tidak perlu melakukan apa pun dalam situasi seperti itu. Mereka (pengobatan jantung) dihentikan selama lima hari ketika dia menggunakan Paxlovid dan kemudian mereka memulai kembali dan itu benar-benar baik dan kondisi yang cukup normal," sambungnya.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengakui, Paxlovid berpotensi berinteraksi negatif dengan obat antikoagulan, tetapi tidak secara khusus Eliquis. Produsen obat jantung juga menyarankan agar berhati-hati dalam mencampurkan kedua obat tersebut.

"Umumnya pada pasien yang menggunakan Eliquis dan diberi resep Paxlovid, dosis Eliquis dikurangi setengahnya atau obat tersebut untuk sementara ditahan sama sekali," beber ahli jantung di Sekolah Kedokteran Harvard, dr Eli Gelfand.

"Interaksi antara Paxlovid dan Eliquis biasanya berlangsung selama kurang lebih delapan hari, yang berarti bahwa Eliquis dikurangi dosisnya atau ditahan selama tiga hari tambahan setelah kursus Paxlovid selesai," imbuhnya.



Simak Video "Joe Biden Sebut Pandemi di AS Sudah Berakhir"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT