ADVERTISEMENT

Jumat, 22 Jul 2022 12:00 WIB

Heboh Mike Tyson Merasa Ajal Sudah Dekat, Memang Apa Ciri-cirinya?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Mike Tyson setidaknya punya enam tato di tubuhnya. Tato di muka adalah yang paling terkenal dan jadi ciri khasnya. Apa arti dari tato tersebut? Mike Tyson. (Foto: Getty Images/Chris Hyde)
Jakarta -

Mike Tyson mendadak bikin heboh usai dirinya mengaku yakin jika ajal atau waktu kematiannya sudah dekat. Mantan petinju kelas berat itu merasa sebentar lagi akan meninggal.

Pernyataan ini diungkapkan dalam podcast "Hotboxin 'with Mike Tyson", sontak membuat para penggemar khawatir dan cemas akan kesehatannya. "Kita semua pasti akan mati suatu hari nanti," kata Tyson, dikutip dari News.com.au, Jumat (22/7/2022).

"Lalu, ketika saya melihat ke cermin, saya melihat bintik-bintik kecil di wajah saya, saya berkata, 'Wow. Itu berarti tanggal kedaluwarsa saya sudah dekat, lebih dekat dengan kematian," bebernya.

Memangnya ada ya tanda-tanda kematian sudah dekat? Dikutip dari Medical News Today, berikut 11 pertanda ajal mungkin sudah dekat.

1. Banyak tidur

Salah satu pertanda kematian sudah dekat yakni dua atau tiga bulan sebelumnya, seseorang akan menghabiskan waktu dengan banyak tertidur. Tanpa sadar, hal ini disebabkan metabolisme tubuh seseorang saat akan meninggal menjadi lebih lemah, sehingga lebih banyak tertidur dibandingkan terjaga.

2. Nafsu makan berkurang

Orang yang akan meninggal juga mendadak kehilangan selera makan dan minum secara drastis lantaran nafsu makan berkurang.

3. Kurang bersosialisasi

Ciri-ciri kematian sudah dekat berikutnya seseorang menjadi kurang bisa bersosialisasi. Ketika akan meninggal, energi yang dimiliki seseorang kemungkinan akan berkurang sehingga ia lebih memilih menyendiri.

Hal ini lazim ditemui pada beberapa kasus orang yang akan meninggal atau sakit parah karena ia merasa tidak nyaman bertemu dengan orang lain saat dirinya terlihat sangat lemah.

4. Tanda-tanda vital berubah

Hal lain yang juga menjadi ciri-ciri kematian sudah dekat adalah tanda-tanda vital yang melemah. Mulai dari penurunan tekanan darah, perubahan napas, detak jantung tidak teratur atau sulit dideteksi, hingga urine berubah menjadi warna cokelat, pertanda ginjal sudah tidak lagi berfungsi.

5. Jarang ke toilet

Jarang ke toilet juga bisa menjadi tanda-tanda kematian pada seseorang. Biasanya, orang yang sekarat lebih jarang makan dan minum sehingga proses pencernaan mereka menjadi berkurang. Ini menyebabkan kebiasaan buang air besar dan kecil juga ikut berkurang. Meski kondisi kesehatan ini mengkhawatirkan, Anda bisa mencoba berkonsultasi ke rumah sakit untuk memberikan kateter baginya agar membantunya untuk buang air.

Ciri-ciri lain yang juga dilaporkan adalah seperti berikut.

  • Otot melemah
  • Penurunan suhu tubuh
  • Kebingungan
  • Perubahan napas
  • Meningkatnya rasa sakit
  • Halusinasi


Simak Video "Respons WHO Terkait Laporan Kasus Kematian Akibat Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT