ADVERTISEMENT

Jumat, 22 Jul 2022 12:30 WIB

Cerita Pria Kena COVID-19 dan Cacar Monyet Sekaligus, Gejalanya Menyiksa

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi pasien di rumah sakit Foto ilusrasi: iStock
Jakarta -

Seorang pria asal California, Amerika Serikat, mengungkapkan dirinya terinfeksi COVID-19 dan cacar monyet pada saat yang bersamaan. Kondisi ini membuatnya harus terbaring di tempat tidur selama berminggu-minggu.

Pria bernama Mitcho Thompson ini menceritakan gejala-gejala yang dirasakannya saat terinfeksi kedua virus tersebut. Tak lama setelah dinyatakan positif COVID-19, Thompson mulai melihat luka-luka merah atau di sekujur tubuhnya.

Thompson menemukan lesi di bagian kaki, lengan, punggung, dan lehernya. Melihat itu, Thompson yakin bahwa dirinya terinfeksi cacar monyet.

"Dokter sangat yakin bahwa saya menderita cacar monyet dan saya menderita keduanya (COVID-19 dan cacar monyet)," katanya yang dikutip dari The Sun, Jumat (22/7/2022).

"Itulah pertanyaannya. Bisakah saya mendapatkannya pada saat yang sama? Dan dia berkata, 'Ya, ya, ya'," sambungnya.

Thompson mengungkapkan dirinya merasa sangat kesakitan dan menganggap itu merupakan hal yang paling buruk dalam hidupnya. Bahkan ia hampir tidak bisa bangun dari tempat tidurnya atau minum air.

Kondisi itu terus berlangsung selama berminggu-minggu. Ia mengatakan rasanya seperti terkena flu yang sangat parah. Namun, saat ini kondisinya sudah jauh lebih baik.

Bisakah Tertular COVID-19 dan Cacar Monyet Pada Saat yang Sama?

Seorang profesor kedokteran Universitas Stanford bernama Dr Dean Winslow mengatakan tertular COVID-19 dan cacar monyet atau monkeypox pada saat yang sama mungkin bisa terjadi, tetapi kasusnya sangat jarang.

"Tentu saja bukan tidak mungkin hal itu bisa terjadi," kata Dr Winslow.

"Ini hanya nasib buruk. Mereka adalah virus yang sangat berbeda," imbuhnya.

Dr Winslow menjelaskan sebagian besar kasus cacar monyet yang ditemukannya menular melalui kontak kulit ke kulit. Namun, untuk COVID-19 penularannya jauh lebih mudah.



Simak Video "Gejala Awal Pria Italia yang Terpapar Covid-19, Cacar Monyet dan HIV"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT