ADVERTISEMENT

Sabtu, 23 Jul 2022 11:05 WIB

Duh, Cacar Monyet Mulai Serang Kelompok Anak

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Cacar Monyet Ilustrasi virus cacar monyet. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Md Saiful Islam Khan)
Jakarta -

Baru-baru ini, Amerika Serikat mengumumkan dua kasus pertama anak mengidap cacar monyet. Otoritas kesehatan AS menyebut kedua kasus tersebut kini tengah menjalani isolasi dan tengah dirawat intensif.

Meski begitu, kedua anak ini dinyatakan dalam kondisi sehat. Dikutip dari Reuters, cacar monyet memicu gejala seperti flu dan lesi kulit.

Sejauh ini, kasus cacar monyet lebih banyak ditemukan pada pria yang berhubungan seksual dengan pria. Cacar monyet menjadi sorotan lantaran sudah menyebar luas di luar Afrika, dengan total 14 ribu kasus di 60 negara dan lima kematian.

Dr Jennifer McQuiston, wakil direktur divisi patogen dan patologi konsekuensi tinggi CDC mengatakan 99 persen dari kasus cacar monyet yang dikonfirmasi di AS merupakan pria gay, tetapi ada beberapa wanita dan pria transgender yang terinfeksi.

Sebagai upaya untuk menekan kasus, Koordinator Respons COVID-19 Gedung Putih Dr. Ashish Jha menyebut pemerintah telah mengirimkan 300.000 dosis vaksin cacar monyet dan mempercepat pengiriman dari Denmark sebanyak 786.000 dosis tambahan

"Sudah ada cukup vaksin yang tersedia untuk memberikan dosis vaksin pertama kepada lebih dari setengah populasi yang memenuhi syarat di New York City dan lebih dari 70 persen populasi yang memenuhi syarat di Washington DC," terang dia.

Angka kematian cacar monyet dibandingkan wabah di Afrika sebelumnya masih relatif rendah, yakni di bawah 1 persen. Sejauh ini, pakar menilai wabah cacar monyet tampaknya kurang mematikan di negara-negara non endemik.

Namun, sejumlah pasien telah dilaporkan dirawat di rumah sakit karena sakit parah.



Simak Video "Kenali Gejala Awal Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Breaking News
×
Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-77 TNI
Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-77 TNI Selengkapnya