ADVERTISEMENT

Selasa, 26 Jul 2022 06:00 WIB

Lucinta Luna Operasi 'Setting Suara', Seperti Apa Prosesnya?

Alethea Pricila - detikHealth
lucinta luna Lucinta Luna operasi 'setting suara' (Foto: Instagram @lucintaluna_manjalita)
Jakarta -

Setelah menjalankan beberapa operasi bedah plastik, Lucinta Luna merasakan efek yang timbul pasca operasi. Melalui Instagram pribadinya, Ia menyebutkan bahwa jahitan di leher tidak kering padahal operasi sudah dilakukan lebih dari seminggu.

Tak hanya itu, melalui video di Instagram Story miliknya, ia menunjukkan ada benda asing yang masuk ke dalam tubuhnya untuk 'menyetting' suaranya agar semakin merdu.

"Pengorbanan Ratu tembolokku dimasukkan besi Camera untuk menyetting chip agar suara burungku semakin merdu dan syahdu," tulisnya, Senin (24/7/2022).

Prosedur yang dilakukan untuk 'menyetting' suara yang dilakukan Lucinta Luna disebut Voice Feminization. Dikutip dari Mayo Cilincing, fokus operasi ini adalah untuk meningkatkan nada bicara yang biasa dan mengurangi kemampuan untuk menghasilkan suara bernada rendah. Hasil dari sebagian besar operasi ini bersifat permanen.

Terdapat 3 tipe dari Voice Feminization Surgery:

1. Anterior glottal web formation

Ditujukan untuk memperpendek pita suara. Ini adalah jenis operasi feminisasi suara yang paling umum dan sering disebut Wendler Glottoplasty

2. Cricothyroid approximation (CTA)

Digunakan untuk meningkatkan kekencangan pita suara.

3. Laser reduction glottoplasty (LRG)

Tipe ini bertujuan untuk mengurangi massa atau ukuran dari pita suara.

Namun terdapat juga risiko yang bisa ditimbulkan sehingga komunikasi menjadi sulit, seperti suara yang terlalu tinggi, serak dan tegang atau terengah-engah.



Simak Video "Berkali-kali Operasi Plastik, Amankah?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT