ADVERTISEMENT

Selasa, 26 Jul 2022 09:05 WIB

Nyeri dan Rasa Tidak Nyaman pada Dada, Tanda Sakit Apa Ya Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Sakit Jantung Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Pertanyaan:

Izin bertanya Dok...

Saya laki-laki umur 54 tahun, saya sudah kira-kita 10 tahun minum obat hipertensi. Dada kiri kadang-kadang terasa nyeri, kadang hilang.

Kadang terasa "slengkring", kadang ya tak terasa. Frekuensinya jarang, tapi saya tidak sesak napas ataupun kelelahan. Itu kenapa ya Dok?

Eko (pria, 54 tahun)

Jawaban:

Rasa nyeri di dada kiri dapat dicurigai sebagai tanda 'serangan jantung'. Serangan jantung ini biasa dikenal sebagai angina pektoris atau juga bisa penyakit jantung iskemia, bila aliran darah makanan otot jantung terganggu, atau bahan infark bila daerah tertentu dari otot jantung itu sampai rusak.

Selain angina atau iskemia, bisa juga ada gangguan otot jantung atau infeksi otot jantung.

Penderita hipertensi memang memiliki risiko lebih tinggi akan gangguan jantung. Terlebih bila tidak terkontrol dengan baik dan ada komplikasi kondisi lain seperti diabetes melitus atau penyakit gula.

Saran saya adalah ke dokter terdekat untuk periksa EKG atau listrik irama jantung untuk melihat apakah ada gangguan yang bisa terdeteksi. Iskemia atau infark seringkali bisa terlihat dari pemeriksaan ini.

Jangan lupa juga periksakan tekanan darah dan gula darah secara teratur. Karena minum obat terus menerus belum tentu menjamin tekanan darah terkontrol dengan baik. Bila perlu sesuaikan kembali dosis atau kombinasi obat yang diperlukan.

Pemeriksaan dan terapi lebih lanjut adalah dengan pemeriksaan penyempitan atau sumbatan pembuluh darah jantung. Bila perlu akan dilakukan pelebaran pembuluh darah dengan misalnya pemasangan cincin jantung.

dr Eddy Wiria, PhD

Co-Founder dan CEO Kavacare.id

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Goes Bareng Mika Tambayong di Indonesia Heart Bike 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT