ADVERTISEMENT

Selasa, 26 Jul 2022 10:30 WIB

Viral Balita di TikTok Dipasang Behel Tuai Kecaman, Kortugi Ungkap Bahayanya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Viral TikTok seorang ibu nekat memasang behel pada bayi di bawah lima tahun. Anak di bawah lima tahun dipasang behel, begini risikonya. (Foto: Tangkapan layar viral TikTok)
Jakarta -

Baru-baru ini viral pengguna TikTok memperlihatkan seorang balita dipasang behel atau kawat gigi. Sontak unggahan tersebut menuai respons netizen hingga kecaman KorTuGi (Korban Tukang Gigi) di media sosial.

Banyak yang khawatir dengan risiko kondisi kesehatan sang anak. Pemilik akun @puts***5 itu tidak menjelaskan latar belakang di balik pemasangan behel pada anaknya. Berdasarkan pantauan detikcom di akun TikTok pribadinya, ia memang kerap melakukan jasa pemasangan beel hingga eyelash.

drg. Rifqie Al Haris, kreator konten akun edukasi KorTuGi menyayangkan aksi pengguna TikTok tersebut. Pasalnya, di usia balita, pemasangan behel malah akan memicu beragam dampak bahaya pada tumbuh kembang gigi anak.

"Behel atau kawat gigi yang dipasang secara permanen ini bisa menghambat pertumbuhan tulamg rahang dan giginya. Balita juga tidak mampu merawat sendiri kawat gigi yang digunakan terutama dalam hal kebersihannya," beber drg Riefqy saat dihubungi detikcom Selasa (26/7/2022).

"Itulah kenapa kawat gigi atau behel hanya dipasang pada pasien yang sudah paham membersihkan giginya dengan baik," sambung dia.

Dampak buruk yang bisa muncul menurut drg Riefqy meliputi gigi keropos hingga peradangan gusi. Pemakaian behel juga bisa memicu rasa nyeri akibat tarikan kawat gigi, hal ini menyebabkan sang anak bisa mengalami perlukaan di bagian gigi yang menggunakan behel.

"Balita yang merasakan sakit di gigi atau mulut akan terganggu pola makannya," sambung dia.

Akibat gangguan pola makan, muncul lah risiko lain seperti gangguan nutrisi, sehingga tindakan semacam ini sangat membahayakan kesehatan anak. "Dari tarikan behelnya sendiri, jaringan pendukung gigi anak tidak sekuat orang dewasa," jelasnya.



Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT