ADVERTISEMENT

Rabu, 27 Jul 2022 07:10 WIB

Heboh Balita Dibehel di TikTok, Begini Lho Cara yang Benar Rawat Gigi Anak

Alethea Pricila - detikHealth
Viral TikTok seorang ibu nekat memasang behel pada bayi di bawah lima tahun. Viral balita di-behel (Foto: Tangkapan layar viral TikTok)
Jakarta -

Baru-baru ini, cerita anak balita yang dipasang behel hingga tuai kecaman ramai berseliweran di media sosial. Dipastikan berbahaya, sebenarnya ada cara mudah merawat tumbuh kembang gigi anak.

Hal ini penting karena mulut merupakan 'pintu' dari segala sesuatu mulai dari makanan, minuman, bahkan virus.

Menjaga kebersihan mulut tidak hanya menjadi kewajiban untuk orang dewasa tetapi juga anak kecil. Oleh sebab itu perlu menanamkan kebiasaan itu sejak kecil.

Kebiasaan merawat kesehatan mulut bisa diawali dengan menggosok gigi minimal 2 kali sehari dengan cara melingkar.

Hal ini perlu diajarkan pada anak sejak dini agar tidak memiliki gigi berkarang dan bolong. Berikut cara yang dapat digunakan orang tua untuk mengajak anak merawat gigi.

1. Gosok gigi sebelum tidur

Aktivitas ini merupakan hal yang wajib bukan hanya orang dewasa tetapi juga anak kecil. Hal ini terjadi karena pembentukan karang gigi terjadi pada malam hari.

Oleh karena itu, menggosok gigi malam hari khususnya sebelum tidur mengurangi terjadinya karang gigi karena mulut bersih dari sisa makanan.

"Jadi jangan sampai anak nyusu sampe ketiduran. Jadi abis minum susu, sikat gigi, baru tidur atau misalnya anaknya susah banget disuruh sikat gigi, paling gak dia kumur jadi dia (gigi anak) tidak berlubang," ucap drg Nadia Widjaja, Selasa (26/7/2022).

2. Ajarkan dengan cara menyenangkan

Buatlah kondisi yang menyenangkan untuk anak dapat merawat gigi. Tidak hanya ketika menggosok gigi, tetapi juga ketika akan ke dokter gigi untuk perawatan rutin. Jangan menakut-nakuti anak.

"Dari kecil tuh diajarin bahwa sikat gigi itu menyenangkan kadang suka ditakut-takuti. Kalau misalnya dikasih tau, nanti ke dokter gigi fun, menyenangkan nanti dia (anak) ga takut," ujarnya.

NEXT: Rawat gigi secara berkala

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT