ADVERTISEMENT

Kamis, 28 Jul 2022 05:12 WIB

Kabar Baik, 4 Juta Nakes RI Segera Dapat Booster Kedua Vaksin COVID-19!

Prima Syahbana - detikHealth
Sejumlah warga divaksin booster di Stasiun Pasar Senen. Pasalnya mulai 17 Juli penumpang kereta jarak jauh dari stasiun Jakarta wajib antigen bila belum booster Booster kedua vaksin COVID-19 segera diberikan ke 4 juta nakes (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Kabar baik, pemerintah dalam waktu dekat akan mulai memberikan booster kedua atau dosis keempat vaksin COVID-19. Sekitar 4 juta tenaga kesehatan akan menjadi prioitas pertama.

"Sebentar lagi akan kita laksanakan (vaksinasi dosis keempat) dan kita utamakan ke nakes (tenaga kesehatan) dulu," kata Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, di Palembang, Rabu (27/7/2022).

Bukan tanpa alasan jika para nakes menjadi prioritas utama pemberian booster kedua. Menurut Menkes, nakes merupakan garda terdepat penanganan COVID-19 baik di klinik maupun rumah sakit, sehingga paling membutuhkan proteksi.

Selain itu, berbagai penelitian menunjukkan bahwa kadar antibodi yang terbentuk akan berkurang dalam 6 bulan setelah pemberian vaksin COVID-19. Pemberian booster kedua diharapkan dapat meningkatkan kembali kekebalan tubuh.

"Ya karena memang setelah enam bulan, data menunjukkan imunitasnya akan menurun kadarnya," sebut Menkes.

Bagaimana dengan stok vaksin COVID-19?

Menkes memastikan, stok vaksin COVID-19 saat ini masih berlebih. Dalam berbagai kesempatan, ia menyebut ada banyak bantuan vaksin yang didapat oleh Indonesia.

"Banyak banget (stok vaksin) kita berlebih. Dan nakes kita di Indonesia kan ada 4 juta. Dan kita sudah siap," jelas Menkes.

TERUSKAN MEMBACA, KLIK DI SINI



Simak Video "Eropa Rekomendasikan Booster Kedua untuk Lansia dan Kelompok Rentan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT