ADVERTISEMENT

Kamis, 28 Jul 2022 12:00 WIB

Wamenkes Ungkap Alasan Vaksin COVID-19 Booster Kedua Prioritaskan Nakes

Indi Mutiara Saniyah - detikHealth
Wamenkes Dante Saksono Harbuwono Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono. Foto: Indi Mutiara Saniyah
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI mengungkapkan rencana pemberian vaksin COVID-19 dosis keempat atau booster kedua. Disebutkan, program ini bakal dilaksanakan secepat mungkin. Kapan kira-kira?

Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono menjelaskan, kini pihaknya masih menunggu rekomendasi dari Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) untuk mulai memberikan vaksin COVID-19 booster kedua kepada warga RI.

Secepatnya rekomendasi tersebut keluar, vaksinasi COVID-19 booster kedua akan segera dilakukan.

"Secepatnya kita sedang melakukan komunikasi dengan ITAGI. Dengan nanti setelah dikeluarkan rekomendasi dari ITAGI baru akan dilakukan booster tersebut secara maksimal, secara cepat," jawab Wamenkes Dante terkait waktu pemberian vaksin COVID-19 booster kedua untuk warga RI, saat ditemui detikcom di Jakarta, Kamis (28/7/2022).

Siapa yang Boleh Disuntik?

Lebih lanjut menurutnya, tenaga kesehatan akan menjadi prioritas sasaran dalam program vaksinasi COVID-19 booster kedua. Ia menyorot, pada gelombang Corona kali ini, sudah terdapat dua dokter meninggal dunia akibat COVID-19.

"Jadi nakes merupakan garda terdepan dalam pelayanan kesehatan terutama pada masa COVID ini. Kita tahu sudah ada 2 dokter yang meninggal akibat pandemi COVID yang berkembang dengan varian yang ada sekarang, beber Wamenkes Dante.

"Maka diharapkan dengan memberikan booster kita bisa memberikan perlindungan nakes yang dapat melayani masyarakat secara umum secara sehat," pungkasnya.



Simak Video "Vaksin Booster Bakal Jadi Syarat Masuk Mal, Begini Respons Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT