ADVERTISEMENT

Jumat, 29 Jul 2022 08:01 WIB

Suntik Vaksin Booster Kedua COVID-19 Dimulai Hari Ini, di Mana Lokasinya?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Petugas kesehatan dari kepolisiam memberikan vaksin booster kepada warga di kawasan Pasar Induk Kramat Jati,  Rabu (6/4). Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Vaksinasi COVID-19 dosis keempat atau booster kedua dimulai hari ini, Jumat (29/7/2022) menyasar kelompok prioritas tenaga kesehatan. Lantas, di manakah berlangsungnya vaksinasi booster kedua tersebut hari ini?

"Vaksinasi Booster Kedua Untuk Tenaga Kesehatan akan dilakukan mulai Jumat, 29 Juli 2022 di semua fasilitas Kesehatan di Indonesia," terang Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Jumat (29/7/2022).

Ketua Umum Pengurus Besar (PB) IDI, dr M. Adib Khumaidi, SpOT menegaskan pemberian vaksin COVID-10 booster kedua ini berguna melindungi warga dari tingkat rawat inap di rumah sakit, serta keparahan gejala dan kematian akibat COVID-19.

Terlebih, imunitas terhadap COVID-19 dosis vaksin terakhir menurun dalam waktu enam bulan pasca disuntikkan. Varian Corona yang kini merebak juga memiliki potensi penularan lebih tinggi.

"IDI menyambut baik booster kedua vaksinasi COVID untuk tenaga Kesehatan ini. Vaksinasi terbukti telah menyelamatkan banyak nyawa, mengurangi tekanan pada fasilitas Kesehatan dan memungkinkan kita belajar hidup dengan virus," ujar dr Adib dalam keterangan tertulis tersebut.

"Namun meski telah divaksinasi baik booster ataupun bukan, seluruh tenaga Kesehatan harus tetap melaksanakan protokol Kesehatan ketat dengan menggunakan Alat pelindung Diri (APD) saat pelayanan Kesehatan, dan juga protokol Kesehatan umum saat sedang tidak pelayanan," pungkasnya.

Simak Video 'Seputar Vaksinasi Covid-19 Dosis Keempat yang Segera Dimulai':

[Gambas:Video 20detik]



(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT