ADVERTISEMENT

Jumat, 29 Jul 2022 15:18 WIB

Satgas Ungkap 'Keampuhan' Vaksin COVID-19 Booster Kedua

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Kota Surabaya Genjot Cakupan Vaksinasi Booster Satgas Penanganan COVID-19 beberkan efektivitas vaksin Corona dosis keempat. (Foto: Esti Widiyana)
Jakarta -

Vaksinasi COVID-19 dosis keempat atau booster kedua dimulai hari ini, Jumat (29/7/2022). Program ini menyasar kelompok prioritas yang paling berisiko yakni tenaga kesehatan.

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan program dosis keempat ini ditujukan untuk memberikan imunitas tambahan untuk para kelompok berisiko. Hal ini mengingat durasi proteksi yang diberikan vaksin Corona sebelumnya mulai berkurang dalam 4-6 bulan.

Seberapa efektif vaksin dosis keempat ini melindungi dari COVID-19?

"Terkait dosis keempat ini, ada penelitian lain yang mendukung," beber Prof Wiku dalam konferensi pers, Kamis (28/7/2022).

"Studi dari COV-Boost yang menunjukkan bawha penyuntikkan dosis keempat vaksin mRNA efektif meningkatkan level antibodi dan imunitas seluler tanpa menimbulkan KIPI yang berat," jelasnya.

Selain itu, penelitian lain dari EMA's COVID-19 task force (ETF) dan the European Centre for Disease Prevention and Control (ECDC) juga merekomendasikan vaksin dosis keempat ini untuk kelompok yang paling berisiko tertular. Khususnya kelompok dengan gangguan imunitas.

"Hal ini juga sesuai dengan apa yang akan dilakukan pemerintah Indonesia sebagai langkah lanjutan," kata dia.



Simak Video "Ahli Sebut Vaksinasi Covid-19 Dosis Keempat Harus Dilakukan"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT