ADVERTISEMENT

Sabtu, 30 Jul 2022 10:19 WIB

5 Obat Sariawan Ampuh, Tokcer dan Bisa Atasi Infeksi

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Sariawan tanda penyakit lain Obat sariawan ampuh (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Sariawan mulut sering terjadi akibat dari adanya infeksi yang disebabkan oleh jamur Candida Albicans. Sebenarnya, seseorang tidak perlu bingung untuk mengobati sariawan, karena beberapa bahan alami dapat menjadi obat sariawan ampuh redakan nyeri dan infeksi.

Ketika seseorang mengalami sariawan, ia harus sesegera mungkin mengobatinya agar infeksi yang terjadi lebih cepat sembuh. Umumnya, orang yang terkena sariawan perlu obat antijamur untuk membersihkan ragi pada mulutnya.

Dikutip dari Healthline, beberapa bahan alami yang mungkin mudah ditemukan dapat menjadi obat pereda sariawan. Bahan-bahan tersebut dipercaya dapat mengobati infeksi penyebab dari sariawan.

Beberapa Obat Sariawan Ampuh Atasi Infeksi

1. Air Garam

Garam memiliki sifat antiseptik, pembersihan, dan menenangkan. Hal itu menjadikan garam sebagai obat rumahan yang ampuh atasi berbagai masalah pada mulut.

Berkumur menggunakan air garam dipercaya dapat membantu meredakan sariawan. Cara membuatnya pun cukup mudah, larutkan setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat, kemudian gunakan larutan tersebut untuk berkumur.

2. Jus Lemon

Jus lemon dianggap memiliki kemampuan antiseptik dan antijamur yang dapat membantu melawan jamur penyebab sariawan. Masukkan air perasan setengah buah lemon ke dalam secangkir air hangat atau dingin sesuai selera.

Bahkan, beberapa orang mengoleskan langsung air perasan lemon ke bagian mulut yang terkena sariawan. Namun, air lemon yang terlalu asam dapat menyebabkan rasa terbakar ataupun iritasi.

3. Kunyit

Kunyit mendapatkan warna kuning cerah dari curcumin. Curcumin merupakan sebuah senyawa yang dianggap memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga cocok sebagai obat sariawan.

Sebuah studi tahun 2010 menemukan bahwa curcumin dapat menjadi antijamur pada spesies Candida Albicans dan non-albicans, terutama jika dipadukan dengan paperin. Paperin adalah senyawa yang ditemukan dalam lada hitam, yang dapat membantu tubuh untuk menyerap kunyit.

Cara membuat ramuannya adalah dengan menggabungkan setengah sendok teh pasta kunyit ke dalam secangkir air atau susu, dan tidak lupa juga untuk menambahkan sedikit lada hitam. Panaskan larutan tersebut, dan minum selagi hangat.

4. Minyak Cengkeh

Orang-orang telah menggunakan minyak cengkeh sebagai obat tradisional untuk masalah mulut selama berabad-abad. Hal itu juga masih digunakan hingga kini sebagai antiseptik dan pereda nyeri.

Seduh satu sendok teh cengkeh dalam satu gelas air mendidih selama kurang lebih 5 menit. Saring, kemudian gunakan larutan tersebut untuk berkumur.

5. Cuka Sari Apel

Orang yang menggunakan gigi palsu memiliki risiko lebih tinggi terkena sariawan, akibat dari gigi palsu yang kurang pas ketika dikenakan. Tak hanya itu, pemakai gigi palsu juga memiliki risiko terkena kondisi yang mirip dengan sariawan, yang biasa disebut denture stomatitis.

Menurut studi tahun 2015, cuka sari apel memiliki sifat antijamur yang dapat menjadi pilihan pengobatan alternatif untuk mengobati sariawan ataupun denture stomatitis. Campurkan satu sendok teh cuka sari apel mentah tanpa filter ke dalam satu gelas air, gunakan larutan tersebut untuk berkumur setidaknya selama 15 detik.

Obat sariawan tak selamanya ampuh melawan infeksi. Bila sariawan tidak kunjung sembuh, segera hubungi dokter.



Simak Video "Fetish Kadang Bisa Berbahaya, Bagaimana Menyembuhkannya?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT