ADVERTISEMENT

Sabtu, 30 Jul 2022 15:16 WIB

Sejak Kapan Herpes Menular Lewat Ciuman? Sampel DNA Kuno Mengungkapnya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Kissing Halftone Woman Lips On Bright Background. Vector Collage With Universal Graphic Elements, Geometric Shapes, Dotted Object For Your Design Ilustrasi peneliti menguak asal muasal penularan herpes wajah, diyakini lewat ciuman. Foto: Getty Images/iStockphoto/Softulka
Jakarta -

Peneliti baru-baru ini menguak asal muasal herpes wajah. Diduga, berciuman menjadi biang kerok munculnya penyakit herpes wajah.

Hal tersebut diungkapkan oleh sejumlah di University of Cambridge. Disebutkan, strain HSV-1 dari virus herpes selama migrasi besar-besaran orang dari Eurasia ke Eropa sekitar 5.000 tahun yang lalu. Kini, virus tersebut menginfeksi sekitar 3,7 miliar orang di dunia.

Para peneliti kemudian mempelajari sampel DNA dari ribuan tahun yang lalu untuk memahami cara virus beradaptasi.

Ditemukan, migrasi meningkatkan kepadatan populasi. Imbasnya, risiko penularan meningkat, disertai praktik budaya baru termasuk aktivitas berciuman.

"Setiap spesies primata memiliki bentuk herpes, jadi kami menganggap itu (virus herpes) telah bersama manusia sejak spesies kami sendiri meninggalkan Afrika," beber rekan peneliti di St John's College, Cambridge dan kepala laboratorium DNA purba di Universitas Tartu, dr Christiana Scheib, dikutip dari BBC, Minggu (30/7/2022).

"Namun, sesuatu terjadi sekitar 5.000 tahun yang lalu yang memungkinkan satu jenis herpes menyalip yang lain. Mungkin peningkatan penularan, yang bisa dikaitkan dengan berciuman," sambungnya.

Sebelumnya, data genetik untuk herpes hanya mencapai 1925. Namun kini, para peneliti berhasil menemukan empat sampel dari sisa-sisa manusia yang sudah berumur lebih dari 1.000 tahun silam. Dari sampel tersebut, tim peneliti mengembangkan perkiraan garis evolusi virus.

NEXT: Jalannya penelitian.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Menjalani Intermittent Fasting"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT