ADVERTISEMENT

Sabtu, 30 Jul 2022 16:03 WIB

Fatal! Dokter Bilang Balita Dibehel Seperti Viral di TikTok, Banyak Bahayanya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Viral TikTok seorang ibu nekat memasang behel pada bayi di bawah lima tahun. Video viral balita dibehel ramai menuai kecaman warganet dan dokter gigi. Foto: Tangkapan layar viral TikTok
Jakarta -

Baru-baru ini, media sosial dibuat heboh oleh video seorang bayi dikenakan behel alias kawat gigi. Meski bayi dalam video tersebut nampak tersenyum dan menggemaskan, video tersebut dikecam banyak pengguna media sosial. Pasalnya, warganet khawatir penggunaan behel pada balita tersebut bisa berefek bahaya bagi kesehatan si bayi.

Dokter gigi dengan spesialisasi gigi anak, drg Aliyah, SpKGA, menegaskan video tersebut memang marak menuai kritik dan kecaman di kalangan dokter gigi. Pasalnya, penggunaan behel pada anak-anak berusia di bawah lima atau tiga tahun sama sekali tidak ada fungsinya.

"Untuk masalah yang lagi heboh anget yaitu pemasangan behel pada balita. Itu sebenarnya tidak boleh banget. Kita sebagai dokter gigi anak mempermasalahkan banget anak-anak itu di usia balita dan batita itu memakai behel. Karena behel itu tidak sembarangan dipakai dan tidak sembarangan juga untuk dipergunakan di anak-anak bawah umur," ujarnya pada detikcom dalam program e-Life, Jumat (29/7/2022).

"Untuk anak-anak balita, bayi tiga tahun itu tidak seharusnya memakai behel. Satu, buat apa? Mau merapikan, lho sudah rapi itu pasti gigi susu. Berjarak, ya memang mesti berjarak, sambung drg Aliyah.

Ia menjelaskan, penggunaan behel pada balita dan batita bisa berefek panjang. Sakit dan nyeri pada gusi sudah pasti timbul imbas pemasangan kawat gigi di usia yang tidak seharusnya. Lebih lagi, nyeri tersebut bisa membuat anak sulit makan dan berisiko mengalami malnutrisi.

Walhasil ia meyakini, anak yang dipasangkan behel pada usia terlalu kecil sudah pasti mengalami pertumbuhan yang tersendat.

"Nggak usahlah kita menggunakan alat-alat atau produk yang menurut orang tua lucu tapi menurut anak juga nggak ada fungsinya sama sekali. Itu yang kita garis bawahi selama kita anak-anak jangan coba-coba karena anak-anak itu tidak akan-akan kali untuk mereka kesehatan itu penting banget deh," ujar dr Aliyah.



Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT