ADVERTISEMENT

Senin, 01 Agu 2022 07:15 WIB

Viral Dokter Temukan Pasien Cacar Monyet Naik Kereta, Tak Terima Ditegur

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Viral Dokter Temukan Pasien Cacar Monyet Naik Kereta, Tak Terima Ditegur Viral pasien cacar monyet berkeliaran naik kereta. (Foto: Twitter/ @arturohenriques)
Jakarta -

Viral seorang dokter asal Spanyol menemukan pasien monkeypox atau cacar monyet yang berkeliaran di kereta. Ia melihat pria tersebut memiliki banyak ruam kulit gejala cacar monyet namun tak ada orang di sekitarnya yang peduli.

Dokter bedah bernama Arturo M Henriques ini menceritakan bahwa pria tersebut memiliki ruam dari ujung kepala hingga kaki, termasuk di tangannya. Dia mengatakan bahwa, dengan hati-hati, bertanya kepada pasien tersebut, alasannya masih tetap bepergian dengan kondisinya yang parah.

"Pria tersebut mengatakan ia tak perli tinggal di rumah, hanya wajib memakai masker," tulis Henriques di akun Twitternya.

Henriques kemudian memberi tahu pria itu bahwa dia adalah seorang dokter dan luka di sekujur tubuhnya sangat menular. Namun pria tersebut merespons tak ramah dan mengatakan untuk tidak menyentuh apapun di tubuhnya.

"Dia mengatakan kepada saya untuk tidak menyentuh testisnya dan duduk," beber Henriques.

Dokter tersebut lalu mendekati wanita yang paling dekat dengan pasien, tetapi jawaban yang dia berikan membuatnya sangat khawatir. Sebab wanita tersebut mengatakan tak akan tertular cacar monyet jika tidak termasuk kelompok gay.

Spanyol merupakan salah satu negara yang terkena dampak berat cacar monyet. Dua kematian dilaporkan pada pria berusia 40-an dan 30-aa. Mereka dirawat di rumah sakit pada hari-hari sebelum kematian mereka dengan infeksi yang mempengaruhi otak.

Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan cacar monyet sebagai krisis kesehatan global pekan lalu. Gejala cacar monyet berupa demam, sakit kepala, nyeri otot, dan malaise.



Simak Video "Beda Ruang Isolasi Pasien Cacar Monyet dan Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT