ADVERTISEMENT

Senin, 01 Agu 2022 10:03 WIB

Dokter Ungkap Penyebab Cacar Monyet Kerap Dikaitkan dengan Kelompok LGBT

Vidya Pinandhita - detikHealth
Doctor holding Monkeypox Test Tube Result Positive. Global virus concept. Penyebab cacar monyet marak dikaitkan dengan hubungan seks pria dengan pria. Foto: Getty Images/iStockphoto/atakan
Jakarta -

Cacar monyet yang kini mewabah diyakini terkonsentrasi pada kelompok pria yang berhubungan seks dengan sesama pria atau bergonta-ganti pasangan. Namun Kementerian Kesehatan RI menegaskan, cacar monyet bukanlah penyakit menular seksual yang terbatas penularannya pada kelompok gay dan biseksual. Lantas, mengapa cacar monyet marak dialami kelompok tersebut?

Spesialis penyakit dalam dan konsultan penyakit infeksi, dr Robert Sinto, SpPD, K-PTI-RSCM menjelaskan, cacar monyet pada dasarnya menular lewat kontak dekat. Lantaran hubungan seks adalah salah satu aktivitas dengan kontak dekat, maka aktivitas tersebut bisa menjadi cara penularan virus cacar monyet.

"Tidak dikatakan bahwa (cacar monyet) adalah penyakit menular seksual. Tapi kenapa dihubung-hubungkan dengan cerita seksual tadi? Yang mau digarisbawahi adalah, penularannya tetap melalui jalur droplet dan lewat jalur kontak," terangnya dalam konferensi pers virtual bertajuk 'Update Penanganan Monkeypox di Indonenesia', Rabu (27/7/2022).

"Kalau memang hubungan seksual atau hubungan apa pun yang ada kontak erat akan tertular. Jadi kontaknya ada," lanjut dr Sinto.

Juru bicara Kemenkes RI Mohammad Syahril juga menjelaskan, hingga kini tidak bukti bahwa virus cacar monyet menular lewat air mani dan cairan vagina. Mengingat virus cacar monyet menular lewat kontak dekat, Syahril menegaskan, siapa pun bisa berisiko terpapar virus tersebut. Pengawasan yang diberikan pun harus bersifat general, tidak mendiskriminasi kelompok tertentu.

"Bukan karena seksual yang menyebabkan penularan itu seperti halnya HIV atau Aids. Tapi ini karena kontaknya. Kebetulan, mereka ini kontak dekat kepada orang yang sedang kena cacar monyet. Bukan hanya di alat kelaminnya, tapi juga di seluruh tubuh jika dia berhubungan kontak erat, bukan berhubungan seks saja. Mungkin bersalaman, berpelukan menjadi sumber penularan," jelasnya.

"Penularan ini bukan hanya masalah seksual, kelompok lain juga akan menyebabkan penularan sehingga tentu saja pengawasannya kita secara general. Tentu saja kelompok tertentu tadi menjadi perhatian, karena data di dunia begitu," pungkas Syahril.



Simak Video "Bagaimana Penularan Cacar Monyet?"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT