ADVERTISEMENT

Selasa, 02 Agu 2022 06:22 WIB

PPKM Diperpanjang, Semua Wilayah di Indonesia Masuk Level 1

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Inmendagri Nomor 35 Tahun 2022 mengatur sejumlah kebijakan PPKM level 1. Inmendagri terbaru ini berlaku untuk PPKM wilayah Jawa-Bali. Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta -

Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pelaksanaan PPKM untuk mengantisipasi adanya potensi kenaikan kasus COVID-19. Kali ini seluruh wilayah di Indonesia masuk level 1.

"Penetapan Level 1 di seluruh Indonesia tentunya juga berdasarkan pertimbangan dari para pakar dengan mempertimbangkan kondisi faktual di lapangan," beber Dirjen Bina Adwil Kemendagri, Safrizal, dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (2/8/2022).

Safrizal mengungkap alasan PPKM diperpanjang mengingat kondisi kasus aktif masih menunjukkan peningkatan dikarenakan subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. Meski demikian, tingkat keterisian rumah sakit dan kematian masih cenderung terkendali.

"Masyarakat tidak perlu panik tetapi tetap menjaga disiplin protokol kesehatan, khususnya di tempat tertutup dan tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan," bebernya.

Pelaksanaan PPKM di Jawa dan Bali berlaku mulai tanggal 2-15 Agustus 2022. Sementara PPKM di Luar Jawa dan Bali berlaku mulai tanggal 2 Agustus sampai 5 September 2022.



Simak Video "Syarat Perjalanan Diperketat, Simak Aturan Terbaru PPKM Level 1"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT