ADVERTISEMENT

Selasa, 02 Agu 2022 12:12 WIB

Vaksin Pfizer Jadi Booster Anak 16-18 Tahun, Ini Kemungkinan Efek Sampingnya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Program vaksinasi massal di Tangerang terus dilakukan. Vaksinasi COVID-19 kini sasar orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan individu berkebutuhan khusus (IBK). Ilustrasi vaksin booster anak 16-18 tahun (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) meresmikan vaksin booster COVID-19 untuk anak usia 16 hingga 18 tahun. Jenis vaksin yang digunakan untuk program ini adalah vaksin Pfizer dengan teknologi mRNA.

"Vaksin Comirnaty merupakan vaksin COVID-19 dengan platform mRNA yang dikembangkan oleh Pfizer-Biontech. Vaksin Comirnaty merupakan satu dari 13 vaksin COVID-19 yang telah mendapatkan persetujuan EUA di Indonesia," beber Kepala BPOM RI, Penny K Lukito saat meresmikan penggunaan vaksin Comirnaty sebagai booster anak usia 16-18 tahun di Indonesia, dikutip dari rilis resminya, Selasa (2/8/2022).

Adapun dosis yang diberikan untuk vaksin booster anak ini sebanyak satu dosis, dengan jarak interval 6 bulan setelah dosis kedua vaksinasi primer menggunakan jenis vaksin yang sama (homolog).

"Adapun dosis booster Vaksin Comirnaty atau vaksin Pfizer yang disetujui sebanyak satu dosis (30 mcg/0.3 mL) untuk sekurang-kurangnya 6 bulan setelah dosis kedua vaksinasi primer menggunakan Vaksin Comirnaty (booster homolog)," tambahnya.'

Efek Samping Vaksin Pfizer

Berdasarkan pertimbangan aspek keamanan, kejadian sampingan atau efek samping yang paling sering dilaporkan setelah pemberian dosis booster vaksin Pfizer pada anak usia 16 tahun ke atas, yaitu:

  • Nyeri pada tempat suntikan (21 persen)
  • Gangguan jaringan sendi dan otot (6,7 persen)
  • Sakit kepala (5 persen)
  • Lymphadenophathy/pembengkakan atau pembesaran kelenjar getah bening (2,7 persen)
  • Gangguan saluran cerna (1,7 persen)



Simak Video "Vaksin Pfizer Dinilai 73% Efektif Diberikan Pada Anak di Bawah 5 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT