ADVERTISEMENT

Rabu, 03 Agu 2022 18:20 WIB

Kenali Manfaat Suplementasi HMB untuk Pemulihan Pasien COVID-19

Inkana Izatifiqa R Putri - detikHealth
Ilustrasi Pasien Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Kasus COVID-19 di Indonesia akhir-akhir ini mengalami peningkatan. Melansir situs resmi Satgas Penanangan COVID-19, jumlah kasus aktif per 3 Agustus 2022 sebanyak 6.222.788.

Kenaikan jumlah kasus COVID-19 saat ini tentunya perlu diwaspadai. Selain mendapatkan vaksinasi booster, penerapan pola hidup sehat juga perlu dilakukan. Salah satunya dengan mengonsumsi nutrisi yang mengandung HMB (Hidroksi Metil Butirat).

Mengenal Manfaat Hidroksi Metil Butirat

HMB atau beta-hydroxy beta-methylbutyrate merupakan metabolit dari asam amino Leusin yang berfungsi untuk mengatur sintesis protein otot seperti dikutip HSS Edu. Adapun HMB berfungsi untuk memperlambat kerusakan otot dan merangkang pembentuk protein.

Pada dasarnya, HMB diproduksi secara alami oleh tubuh, namun dalam jumlah yang kecil. Hal ini membuat banyak orang mengonsumsi suplemen HMB untuk berbagai hal, termasuk mencegah kerusakan otot. Melansir Healthline, penelitian telah mengaitkan penggunaan suplemen HMB dengan manfaat tertentu, seperti peningkatan kinerja olahraga, pengurangan kerusakan otot, dan peningkatan pertumbuhan otot pada orang dewasa yang tidak terlatih dan lebih tua.

Manfaat HMB pada Pasien COVID-19

Studi pada pasien COVID-19 Gemelli tahun 2020 melaporkan nutrisi dengan HMB 1.5 g dan vitamin D 40 mcg per hari selama 6 minggu mampu meningkatkan berat badan, mengurangi limitasi fungsional dan menurunkan kejadian komplikasi pada pasien COVID-19*. Dalam studi tersebut, kedua suplemen tersebut juga mendukung peningkatan parameter nutrisi dan kinerja fisik para pasien yang telah pulih dari COVID-19 tetapi masih menderita gejala kelelahan. Sementara pada pasien COVID-19 perempuan, dukungan nutrisi ini berkontribusi pada kualitas hidup yang lebih baik.

Dari studi tersebut, setelah dua bulan timbulnya penyakit, lebih dari 50% pasien COVID-19 umumnya mengalami kelelahan dan sekitar 15-20% masih memiliki gangguan penciuman, perubahan rasa dan kehilangan nafsu makan. Untuk itu, pemenuhan nutrisi perlu dilakukan dan disesuaikan dengan kebutuhan pasien.

Studi Gemelli melaporkan suplemen nutrisi (terutama berbasi HMB dan vitamin D) yang diberikan kepada pasien tampaknya efektif dalam memenuhi kebutuhan nutrisi pasien pasca COVID-19. Dalam hal ini, kedua gabungan nutrisi ini mampu meningkatkan tidak hanya parameter gizi, tetapi juga kinerja fisik.

Adapun nutrisi ini dapat diperoleh melalui makanan bergizi seperti susu dan produk olahannya. Salah satunya ENSURE Gold, nutrisi dewasa pertama dan satu-satu nya dengan kandungan HMB (Hidroksi Metil Butirat) dan Triple protein yang mampu membantu kesehatan massa otot.

ENSURE Gold juga diperkaya dengan Tinggi Kalsium & Tinggi Vitamin D yang penting untuk tulang, kandungan 100% lemak nabati yang kaya akan omega 3 & 6 penting untuk fungsi jantung dan 13 vitamin & 9 mineral yang penting untuk daya tahan tubuh.

Minum 2 kali sehari bantu jaga daya tahan tubuh dan kekuatan untuk aktif setiap hari. ENSURE Gold hadir dengan rasa Gandum yang lezat dan tersedia dalam kemasan 150 gram dan 380 gram. ENSURE Gold - For Every Strength untuk Hidup Makin Berkualitas

ENSURE Gold hadir dengan rasa gandum yang lezat dan disukai orang indonesia. Untuk informasi lebih lanjut klik ensure.co.id.

*Martone Anna Maria, Savera Giulia and Landi Francesco. 2020. Impact of Oral Nutritional Supplement with EAAS, HMB and Vitamin D among Patients Recovered from COVID - 19 : A Pilot Study

*ID.2022.29449.ENS.1(v1.0)

(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT