ADVERTISEMENT

Rabu, 03 Agu 2022 22:00 WIB

Apa Itu Retinol? Manfaat, Efek Samping, dan Cara Menggunakannya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Young beautiful woman surprised to see pimple on skin. Unhappy girl with stunned funny face standing in towel in bathroom, looking in the mirror, pointing to zit Retinol, ilustrasi jerawatan (Foto: Getty Images/iStockphoto/Sasha_Suzi)
Jakarta -

Retinol adalah salah satu bahan perawatan kulit yang marak di pasaran. Bahan ini biasanya digunakan mengobati beberapa masalah kulit, seperti jerawat.

Dikutip dari laman Harvard Medical School, retinol atau retinoid adalah zat yang dibuat dari vitamin A. Zat ini awalnya digunakan sebagai obat jerawat sekitar tahun 1970-an. Namun, para peneliti menemukan fungsi lain dari retinol, salah satunya mencegah penuaan. Berikut seluk-beluk retinol, manfaat hingga efek samping.

Manfaat Retinol

Fungsi retinol sendiri tidak mengangkat sel kulit mati seperti banyak produk pada umumnya. Namun, retinol bekerja melalui molekul kecil yang masuk ke bawah epidermis (lapisan luar kulit) ke dermis.

Begitu berada di lapisan tengah kulit, retinol membantu menetralisir radikal bebas. Ini membantu meningkatkan produksi elastin dan kolagen, yang menciptakan efek "mengencangkan" hingga dapat mengurangi munculnya:

  • Garis-garis halus
  • Keriput
  • Pori-pori membesar

Selain itu, retinol juga digunakan untuk membantu mengobati jerawat dan jaringan parut. Jerawat yang parah biasanya diobati melalui resep retinoid bersama dengan obat lain yang membantu meredakan peradangan dan bakteri.

Juga, retinol memiliki efek pengelupasan pada permukaan kulit yang dapat membantu memperbaiki tekstur dan warna kulit.

Efek Samping Retinol

Meskipun retinol disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA), namun bukan berarti pemakaiannya bebas dari efek samping. Seseorang yang menggunakan retinol umumnya mengalami kulit kering dan teriritasi. Selain itu, ada juga efek samping lainnya, seperti:

  • Kemerahan
  • Rasa gatal
  • Kulit mengelupas

Cara Penggunaan Retinol

Untuk menghindari risiko sensitivitas matahari, retinol bisa digunakan pada malam hari. Usahakan jangan langsung menggunakan produk tersebut setiap hari dan berikan jeda. Gunakan retinol 30 menit setelah mencuci muka untuk mengurangi iritasi kulit.

Penting! Lebih baik konsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu untuk mencegah efek samping yang terjadi saat menggunakan retinol. Begitu juga dengan penggunaannya bisa disesuaikan dengan anjuran dokter.



Simak Video "HUT ke-77 RI, Epidemiolog Apresiasi Pengendalian Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT