Polusi Udara di Tangsel 'Utara' Tak Seburuk di 'Selatan', Inikah Penyebabnya?

ADVERTISEMENT

Polusi Udara di Tangsel 'Utara' Tak Seburuk di 'Selatan', Inikah Penyebabnya?

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Kamis, 04 Agu 2022 05:30 WIB
Polusi udara di Tangsel
Polusi udara di wilayah Bintaro Sektor 3, Tangsel (Foto: Alethea Pricila/detikHealth)
Jakarta -

Kualitas udara di wilayah Tangerang Selatan (Tangsel) disebut lebih buruk dibanding DKI Jakarta. Menurut data Nafas Indonesia, udara di Tangsel 20 persen lebih berpolusi dari DKI Jakarta sepanjang tahun 2022.

Hal ini disampaikan oleh Piotr Jakubowski Co-founder Nafas Indonesia, sebuah aplikasi pemantau kualitas udara. Menurut Piotr, selama bulan Juni 2022 saja, polusi udara di Tangsel 24 persen lebih buruk dibanding DKI Jakarta.

Namun menurutnya tidak semua wilayah Tangsel tingkat polusinya sama. Bahkan, ada beberapa wilayah yang tingkat polusinya lebih rendah dibanding DKI Jakarta.

"Mungkin perbedaan paling tinggi adalah perbedaan letak geografis, daerah Tangsel bagian utara lebih rendah di atas permukaan laut jadi dari topografi mempengaruhi," terangnya pada detikcom, Selasa (2/8/2022).

Pantauan kualitas udara di Bintaro Sektor 3 Tangsel sekitar pukul 7.00 WIB, Rabu (3/7/2022)Pantauan kualitas udara di Bintaro Sektor 3 Tangsel sekitar pukul 7.00 WIB, Rabu (3/7/2022) Foto: Alethea Pricila/detikHealth

Piotr menyatakan udara di daerah Tangsel bagian utara lebih baik dibanding daerah Tangsel bagian selatan. Beberapa hal bisa mempengaruhi hal ini selain letak geografis, termasuk adanya pembakaran sampah ilegal dan juga polusi kiriman yang terbawa oleh angin.

Menurut data Nafas Indonesia, jika kedua wilayah tersebut dibandingkan dengan DKI Jakarta, maka pada bulan Juni 2022 akan mendapatkan hasil rata-rata:

  • DKI Jakarta: PM 2.5 sebesar 36 mikrogram per kubik.
  • Tangsel bagian utara: PM 2.5 sebesar 32 mikrogram per kubik
  • Tangsel bagian selatan: PM 2.5 sebesar 49 mikrogram per kubik.

Maka terlihat di bulan Juni 2022, udara di daerah Tangsel utara lebih baik dibandingkan DKI Jakarta. Sementara Tangsel selatan, justru lebih buruk kualitas udaranya dibanding DKI Jakarta.



Simak Video "Tips Aman Berolahraga di Tengah Buruknya Udara Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT