ADVERTISEMENT

Kamis, 04 Agu 2022 22:30 WIB

Sakit Jantung Imbas Gaya Hidup Buruk Bisa Jadi Penyakit Genetik? Ini Kata Dokter

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi Jantung Foto ilustrasi: Shutterstock/
Jakarta -

Beberapa penyakit yang diidap orang tua atau keluarga sifatnya bisa menurun. Misalnya diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Ketika orang tua, kakek, nenek, atau anggota keluarga lain memiliki riwayat penyakit jantung, ada kemungkinan keturunannya mengalami penyakit yang sama. Tapi, jika sakit jantung yang dialami terjadi karena gaya hidup yang buruk, apakah tetap bisa menurun?

Dokter spesialis jantung dari Primaya Hospital Bekasi Barat, dr Andriga Dirgantomo, SpJP, FIHA, mengatakan umumnya penyakit yang menurun ke keturunan hanya yang terkait dengan genetik saja.

"Penyakit yang diturunkan ke keturunan hanya yang terkait genetik saja. Sedangkan (penyakit disebabkan) gaya hidup tidak diturunkan, tapi bisa berpengaruh secara tidak langsung," kata dr Andriga kepada detikcom, ditulis Kamis (4/8/2022).

dr Andriga memberikan contoh seperti anak yang melihat perilaku gaya hidup orang tuanya yang perokok. Menurutnya, itu akan berpengaruh pada gaya hidup si anak, tetapi secara tidak langsung juga bisa berdampak pada kesehatannya.

"Kemungkinan terpengaruh gaya hidup perokok juga dari orang tuanya, dan itu secara tidak langsung berpengaruh ke kesehatan jantung keturunanya juga," pungkasnya.



Simak Video "Menkes Sebut Masih Banyak Pengidap Jantung Tak Bisa Pasang Ring"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT