ADVERTISEMENT

Senin, 08 Agu 2022 05:00 WIB

6 Obat GERD Alami, Praktis dan Ampuh Turunkan Asam Lambung

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Tips makan sahur untuk penderita asam lambung Obat GERD alami (Foto: iStock)
Jakarta -

Gastroesofageal reflux disease (GERD) adalah kondisi kronis di mana asam lambung naik hingga ke kerongkongan yang biasanya ditandai dengan berbagai gejala, seperti mulas, bersendawa, dan kembung. Untuk mengatasi masalah tersebut biasanya seseorang bisa mengonsumsi obat GERD yang dapat dibuat dari bahan alami.

Terkadang pengidap GERD dapat merasakan kondisi yang lebih parah pada lambungnya, bahkan hingga membuatnya mual dan muntah. Jika hal tersebut terjadi, disarankan untuk segera menghubungi dokter.

Dikutip dari Medicine Net, penyakit GERD ternyata dapat diredakan dengan obat-obatan alami ala rumahan. Tak hanya alami, obat-obatan tersebut pun mudah dibuatnya.

Berikut Obat GERD Alami Ampuh Redakan Asam Lambung

1. Susu Rendah Lemak

Susu adalah bahan yang cukup populer sejak dulu dalam pengobatan maag karena dapat menetralkan asam lambung. Seseorang disarankan untuk mengonsumsi susu rendah lemak dibandingkan susu murni, karena lemak dalam susu murni dapat membuat pengidap GERD merasa mual.

2. Jahe

Jahe adalah salah satu obat rumahan yang efektif dalam meredakan refluks asam karena memiliki sifat anti-inflamasi. Seseorang bisa merebus jahe dengan segelas air hingga air tersebut menjadi setengah gelas. Minumlah air tersebut beberapa kali sehari untuk hasil yang efektif.

3. Daun Mint

Daun mint dianggap sebagai obat alami yang tepat dalam mengobati masalah pencernaan, termasuk GERD. Segelas teh mint dipercaya ampuh meredakannya gejala GERD, sehingga disarankan untuk mengonsumsinya ketika gejala tersebut menyerang.

4. Jus Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu tumbuhan yang memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga tepat dijadikan obat alami dalam menangani GERD. Seseorang bisa mengonsumsi 2-3 kali sehari jus lidah buaya untuk pengobatan penyakit GERD.

5. Air Kelapa

Air kelapa dipercaya dapat melindungi perut dari efek produksi asam yang terlalu banyak. Seseorang bisa mengonsumsi dua gelas air kelapa dalam sehari untuk meringankan gejala GERD.

6. Jus Semangka

Jus semangka adalah salah satu minuman alkali yang secara alami dapat meredakan asam lambung. Seseorang yang mempunyai GERD disarankan untuk mengonsumsi jus semangkan ketika sarapan, hal itu dilakukan untuk mencegah kambuhnya GERD.

Tidak hanya mengonsumsi obat GERD secara alami, melakukan aktivitas olahraga dan tidur dengan posisi miring juga dipercaya dapat mengurangi gejala GERD.



Simak Video "Amankah Pengidap Asam Lambung Jalankan Puasa?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT