ADVERTISEMENT

Senin, 08 Agu 2022 18:20 WIB

Mengenal HMB, Senyawa Penting untuk Selamatkan Massa Otot

Yudistira Perdana Imandiar - detikHealth
Ilustrasi Olahraga atau Gym Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Penyusutan otot menjadi keniscayaan seiring dengan usia yang semakin menua. Namun, penyusutan ini bisa diredam dengan cara yang tepat. Untuk menjaga kebugaran massa otot, ada 2 hal yang mesti dijalankan. Pertama, rutin melakukan aktivitas fisik dan kedua, menjaga asupan nutrisi seimbang,

Aktivitas fisik bisa dilakukan dengan olahraga ringan. Hal yang terpenting saat olahraga adalah semua sendi besar yang dimiliki tubuh harus digerakkan. Berikutnya, asupan nutrisi penunjang kekuatan massa otot mesti dipenuhi. Adapun unsur-unsur yang mesti dipenuhi, yakni karbohidrat, lemak, protein, vitamin & mineral, dan serat.

Selain dua hal di atas, ternyata ada satu lagi faktor amat penting terkait kekuatan massa otot. Faktor itu adalah HMB!

Apa itu HMB?

Suzette Pereira, PhD, seorang peneliti Abbott yang mengkhususkan diri dalam kesehatan otot, menjelaskan HMB adalah singkatan dari beta-hydroxy-beta-methylbutyrate. Kabar baiknya, tubuh bisa secara mandiri memproduksi senyawa tersebut.

HMB telah dipelajari selama lebih dari 25 tahun di lebih dari 90 studi klinis, termasuk lebih dari 20 studi pada orang dewasa yang sehat atau dirawat di rumah sakit. Tetapi lebih mudah untuk memahami bagaimana HMB menunjang kesehatan otot dengan mempelajari bagaimana otot berfungsi.

Pereira menjelaskan otot selalu bekerja dan mendukung tubuh manusia dalam hal mobilitas, keseimbangan, postur, serta kekuatan dan energi. Melalui kegiatan ini ada proses regenerasi alami yang terjadi.

"Kerusakan protein otot dan sintesis protein otot, atau bangunan, terjadi dalam tubuh sepanjang hari. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa kerusakan tidak terjadi lebih cepat daripada membangun," jelas Pereira.

Namun, lanjutnya, kerusakan dapat terjadi semakin cepat seiring bertambahnya usia, penyakit, dan berkurangnya mobilitas. Sementara orang yang lebih muda biasanya mampu mengimbangi kerusakan alami, keseimbangan itu tereduksi seiring bertambahnya usia karena tubuh menjadi kurang mahir menggunakan protein untuk sintesis otot.

Sebuah makalah ulasan yang diterbitkan dalam Age and Ageing melaporkan bahwa kehilangan otot terkait usia, yang dikenal sebagai sarkopenia, mempengaruhi sekitar satu dari tiga orang dewasa berusia 50 tahun ke atas. Penurunan kesehatan otot ini dapat berkontribusi pada kelelahan, kehilangan kekuatan dan energi serta mobilitas yang buruk.

Sebuah makalah ulasan yang didukung Abbott dalam Annals of Medicine menggambarkan bagaimana faktor-faktor seperti peradangan dan bedrest selama sakit, operasi, dan rawat inap di rumah sakit dapat berkontribusi pada kehilangan otot

Pereira menerangkan kejadian kehilangan massa otot yang tidak normal sering dikaitkan dengan pemulihan yang tertunda dari penyakit, penyembuhan luka yang lambat, dan penurunan kualitas hidup.

"Yang harus dilakukan adalah mengatasi masalah kehilangan otot sebelum berlangsung semakin parah," tegas Pereira.

Dalam konteks mencegah penurunan massa otot, Pereira mengatakan HMB dapat membantu. HMB dapat bertindak sebagai pintu gerbang untuk membantu menjaga keseimbangan otot-otot manusia dengan memperlambat kerusakannya.

Berdasarkan sejumlah studi, HMB telah terbukti membantu menjaga massa otot pada orang dewasa yang lebih tua dan sehat. Hal ini juga mesti diimbangi dengan mempertahankan diet seimbang yang kaya protein dan berolahraga secara teratur untuk mendukung keseimbangan alami.

"Kadar HMB dalam tubuh berkorelasi signifikan dengan massa otot yang ada. Satu hal yang dapat kita lakukan untuk memberi manfaat bagi kesehatan otot kita adalah makan makanan yang baik, termasuk mendapatkan lebih banyak HMB dan mengikuti latihan membangun kekuatan," papar Pereira.

Klik halaman selanjutnya? Cara Mendapatkan HMB >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Investasi Kesehatan Sedari Dini Upaya Prefentif Hidup yang Berkualitas di Usia Tua"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT