ADVERTISEMENT

Selasa, 09 Agu 2022 10:30 WIB

Profesor IDAI Tuding Iklan Viral Obat Diabetes Penipuan! Ini Alasannya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
diabetes Foto: Atas izin bersangkutan
Jakarta -

Viral tangkapan layar wawancara Prof Dr dr Aman Pulungan, SpA(K) dengan Najwa Shihab mengenai obat diabetes. Dalam unggahan tersebut beredar bahwa obat tertentu bisa menyembuhkan diabetes pada pasien.

Prof Aman yang merupakan mantan ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dengan tegas memberi penjelasan bahwa wawancaranya dengan Najwa Shihab tidak berkaitan dengan obat Glucosan.

"Ini sudah berapa orang yang kena tipu, ada yang konfirmasi ke saya tapi kebanyakan kan tidak," katanya saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (9/8/2022).

dr Aman menegaskan diabetes, baik tipe 1 maupun tipe 2, adalah penyakit yang tidak bisa disembuhkan namun bisa dikontrol. Pada anak, yang kebanyakan mengidap diabetes tipe 1, penyakitnya hanya bisa dikontrol.

"Iklan ini penipuan, mereka harus minta maaf. Kita tidak salahkan company-nya, bisa jadi mereka ada oknum yang tidak bertanggung jawab," tegasnya.

Sebagai informasi, diabetes atau kencing manis adalah penyakit yang mengakibatkan terlalu banyak kadar gula dalam darah. Penyakit ini ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) hingga di atas nilai normal.

Hingga saat ini tidak ada obat untuk diabetes, baik diabetes tipe 1 maupun diabetes tipe 2, meskipun perubahan gaya hidup dapat mencapai remisi pada diabetes tipe 2 dalam beberapa kasus.



Simak Video "Kemenkes RI Laporkan Peningkatan Prevalensi Penyakit Diabetes-Stroke"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT