ADVERTISEMENT

Rabu, 10 Agu 2022 16:45 WIB

7 Gejala Tipes yang Harus Diwaspadai, Pegal-pegal Termasuk

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Sakit Perut Ilustrasi gejala tipes (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Tipes atau istilah medisnya demam tifoid merupakan infeksi bakteri yang dapat mengancam jiwa pasiennya dengan gejala tipes paling umum adalah demam tinggi. Mereka yang terinfeksi tipes biasanya akibat kurangnya kebersihan pada lingkungan ataupun makanan yang dikonsumsi.

Individu paling berisiko terkena penyakit tipes adalah mereka yang tinggal di daerah sulit akses air bersih dan makanan sehat. Tak hanya itu, mereka yang terinfeksi penyakit tipes juga dapat menularkan pada orang lain melalui kontak langsung atau perantara makanan yang terkontaminasi.

Dikutip dari Cleveland Clinic, penyakit tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang biasanya hidup di dalam saluran usus dan darah orang yang terinfeksi. Bakteri tersebut juga dapat menular kepada orang lain melalui minuman, makanan, atau air yang terkontaminasi.

Gejala Tipes yang Perlu Diwaspadai

Pasien penyakit tipes biasanya akan mengalami gejala awal seperti perasaan tidak sehat pada umumnya. Namun, seiring berjalannya waktu gejala yang dialami oleh pasien menjadi beragam, seperti:

1. Demam

Gejala paling umum dari penyakit tipes adalah demam tinggi. Pada beberapa kasus, pengidap tipes bisa mengalami demam hingga 40 derajat celcius dan terjadi dalam beberapa hari.

2. Sakit Kepala

Beberapa orang mengaku mengalami sakit kepala ketika mereka didiagnosis mengidap tipes. Sakit kepala yang mereka rasakan akibat adanya ketegangan atau kontraksi otot pada area kepala dan leher.

3. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan ketika sakit tipes adalah hal yang umum. Biasanya mereka akan mengalami gangguan pencernaan, seperti sakit perut, sembelit, hingga diare.

4. Menurunnya Nafsu Makan

Nafsu makan yang menurun bahkan hilang ketika terserang penyakit tipes adalah dampak dari adanya gangguan pada sistem pencernaan pasien. Ketika hal itu terjadi, seseorang bisa mengatasinya dengan makan dalam porsi kecil dan mengonsumsi berbagai cemilan di antara jam makan.

5. Muncul Bintik Merah di Tubuh

Munculnya bintik merah di beberapa bagian tubuh adalah hal yang cukup umum ketika seseorang terserang tipes. Namun, pasien tidak perlu khawatir karena umumnya bintik merah tersebut akan menghilang ketika pasien menunjukkan kondisi yang baik.

6. Tinja Berdarah

Gangguan pencernaan akibat penyakit tipes adalah sembelit dan diare, namun beberapa di antaranya mengalami hal yang lebih parah, yaitu adanya bercak darah pada tinja ketika pasien BAB. Hal itu disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang menginfeksi saluran pencernaan.

7. Pegal-pegal

Gejala selanjutnya yang perlu diwaspadai akibat penyakit tipes adalah adanya rasa lelah dan pegal pada area tubuh atau persendian pasien. Pasien yang mengalami gejala tersebut disarankan untuk beristirahat secara total agar kondisinya cepat membaik.

Dokter biasanya akan memberikan antibiotik untuk mengobati penyakit tipes. Obat tersebut akan membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi, dan umumnya gejala tipes akan berangsur-angsur membaik setelah pasien mengonsumsi antibiotik.



Simak Video "Goes Bareng Mika Tambayong di Indonesia Heart Bike 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT