ADVERTISEMENT

Rabu, 10 Agu 2022 21:00 WIB

Bakal Makin Canggih, Menkes Mau Apple Watch Nge-link PeduliLindungi

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Ilustrasi aplikasi PeduliLindungi (Rolando FS/detikcom) Foto: Ilustrasi aplikasi PeduliLindungi (Rolando FS/detikcom)
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, aplikasi PeduliLindungi nantinya tidak hanya untuk tracing COVID-19 dan vaksinasi. Aplikasi ini akan berubah menjadi aplikasi kesehatan individu atau citizen health app.

Adapun fitur yang ditambahkan selain hasil tes PCR dan vaksinasi COVID-19 berupa vaksinasi di luar COVID-19, hasil pemeriksaan lab, hingga pemeriksaan di Rumah Sakit maupun Puskesmas.

"PeduliLindungi nanti akan jadi aplikasi kesehatan individu, bahasa asingnya Citizen Health App. Jadi kan sekarang yang ada di PeduliLindungi kan tes PCR dan vaksinasi COVID-19. Sekarang yang akan masuk adalah vaksinasi di luar COVID," tutur Menkes Budi saat ditemui detikcom di Jakarta Selatan, Rabu (10/8/2022).

"Setiap anak kalau nanti vaksinasi masuk ke sana, sehingga ibunya nanti punya catatannya bisa dicatat di buku. Nanti habis vaksinasi, kita akan masukan hasil pemeriksaan lab, jadi kalau dicek darahnya masuk ke sana. Masuk juga pemeriksaan di rumah sakit dan puskesmas, kalau dia di USG nanti bisa masuk juga ke sana. Sehingga semua data-data individu pasien akan menjadi miliknya dia di PeduliLindungi," lanjutnya lagi.

Menurutnya, hal tersebut sangat berguna apabila seorang pasien ingin berobat ke rumah sakit dan dokter sudah mengetahui data atau rekam medis elektronik dari pasien tersebut. Termasuk juga jika pasien dirujuk dari Rumah Sakit sebelumnya, Rumah Sakit yang menerima sudah mengetahui rekam medis dari pasien tersebut.

"Bagusnya untuk apa? Pertama, kalau dia datang ke dokter, dokternya bisa lihat kondisi kesehatannya dia atau rekam medis elektroniknya seperti apa. 'Oh dia yang suka lari nih setiap hari, oh dia labnya setiap 3 bulan, dia medical checkup setahun sekali'. Dan juga kalau misalnya dirujuk rumah sakit ke rumah sakit lain, rumah sakit yang menerima sudah langsung tahu," sambungnya lagi.

Bahkan menurut Menkes, PeduliLindungi juga akan diintegrasikan dengan berbagai perangkat pintar seperti smartwatch dengan fitness tracker.

"Malah nanti kita maunya semua alat-alat seperti Apple Watch, Samsung Health, juga bisa link ke sana sehingga bisa ketahuan perilaku," jelas Menkes.

Meskipun demikian, aplikasi ini masih dikembangkan.

"Sekarang sudah bertahap yang vaksinasi," sambungnya lagi.



Simak Video "Kata Kemenkes RI soal PeduliLindungi Eror Pagi Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT