ADVERTISEMENT

Kamis, 11 Agu 2022 05:00 WIB

Ashton Kutcher Idap Autoimun Langka, Sempat Buta-Tuli hingga Lumpuh

Alethea Pricila - detikHealth
NEW YORK, NY - JUNE 20: Actor Ashton Kutcher attends the Museum of the Moving Image honoring Netflix Chief Content Officer Ted Sarandos and Seth Meyers at St. Regis Hotel on June 20, 2016 in New York City.  (Photo by Nicholas Hunt/Getty Images) Ashton Kutcher (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Aktor Hollywood, Ashton Kutcher, mengaku beruntung masih tetap hidup usai didiagnosis mengalami autoimun langka vaskulitis. Kondisi ini menyerang beberapa sistem di tubuhnya miliknya.

Pria 44 tahun ini mengaku penyakit tersebut sampai membuatnya buta, tuli, dan bahkan lumpuh. Kondisinya itu diumumkan melalui Twitter pribadinya @aplusk.

"Sebelum adanya rumor / obrolan / apa pun di luar sana. Ya, saya mengalami vaskulitis langka selama 3 tahun lalu. Saya mengalami beberapa gangguan pendengaran, penglihatan, masalah keseimbangan setelahnya. Saya pulih sepenuhnya. Semuanya bagus," tulisnya dalam Twitter pribadinya, Selasa (9/8/2022).

Gangguan yang dirasakan terjadi karena vaskulitis akan menyebabkan terjadinya pembuluh darah menebal dan menyebabkan peradangan dan membatasi aliran darah ke tubuh.

Apa itu Autoimun Vaskulitis?

Sistem kekebalan tubuh pada dasarnya akan menyerang penyerang pembuluh darah. Hal ini akan menyebabkan adanya penurunan aliran darah. Dikutip dari The Guardian, umumnya orang yg mengalami penyakit ini akan memiliki gejala sebagai berikut:

  • Demam
  • Fatigue
  • Sakit kepala
  • Kekurangan berat badan
  • Napas menjadi pendek
  • Ruam di kulit

Tak hanya itu, penyakit ini juga dapat menyebabkan telinga berdenging, mati rasa, dan pendarahan di paru-paru. Paling ekstrim, dapat menyebabkan kebutaan atau aneurisma.

Oleh karena penyakit ini tergolong langka, vaskulitis sulit untuk didiagnosis karena dapat bermanifestasi dalam berbagai cara. Dikutip dari Fortune, penyebab vaskulitis terjadi karena usia, genetika, reaksi pengobatan hingga penyakit kekebalan tubuh sebelumnya.

NEXT: Perawatan

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kisah Cita Citata 5 Tahun Idap Autoimun"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT