ADVERTISEMENT

Kamis, 11 Agu 2022 13:25 WIB

Viral Bumil Nekat Minum Obat Pemutih Agar Anak Terlahir Mulus, Endingnya...

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi Ibu Hamil Sembelit Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Fenomena ibu hamil mengonsumsi suplemen pemutih agar anaknya terlahir berkulit putih viral di media sosial. Mereka nekat mengonsumsi diet produk pemutih karena terbosesi ingin bayinya berkulit cerah.

Namun tidak semua suplemen kecantikan bisa dikonsumsi ibu hamil dan risiko meminum suplemen pemutih fatal bagi janin. Baru-baru ini praktisi kesehatan asal Malaysia Dr Nurul Mutmainnah membagikan pengakuan dari seorang wanita yang nekat mengonsumsi suplemen pemutih saat hamil.

"Saya hamil empat bulan, saya mulai minum produk pemutih. Katanya aman untuk ibu hamil. Kemungkinan bayi juga akan putih. Pada tujuh bulan, hasil scan (menunjukkan) bayi berhenti berkembang dan tidak normal," kata ibu hamil itu dikutip dari MStar.

Dalam video lain yang diunggah terpisah, Dr Nurul memperlihatkan kondisi USG rahim pasien yang bermasalah karena konsumsi suplemen penurun berat badan dan obat pemutih.

Pasien tersebut juga mengalami masalah lain seperti haid tak teratur dan pertumbuhan fibroid.

"Dulu saya selalu mengedukasi tentang jamu, produk putih, pil pelangsing dan lain-lain. Penuh dengan komentar negatif dan kritik. Siap ada penjual yang memberitahu kami bahwa dokter ini memiliki penyakit jantung," tulis Dr Nurul di akun TikToknya.

"Hamil atau tidak, kami tidak menyarankan membeli produk aneh. Tapi, banyak yang memilih untuk mempercayai penjual atau produsen (produk) daripada kami," tambahnya.



Simak Video "Viral 'Fetish KTP' Diduga Penipuan, Ini Kata Dokter Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT