ADVERTISEMENT

Jumat, 12 Agu 2022 15:17 WIB

6 Obat Maag Ampuh Atasi Masalah Lambung, Jahe hingga Air Kelapa

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Bisa Cegah COVID-19, Jahe Tertulis dalam Al-Quran sebagai Bahan Minuman Surga Ilustrasi obat maag dari bahan-bahan alami seperti jahe (Foto: iStock)
Jakarta -

Maag merupakan penyakit yang kerap dikeluhkan oleh banyak orang, umumnya mengganggu saluran pencernaan atau lambung di dalam tubuh manusia. Kondisi ini tak bisa dianggap sepele lantaran bisa memicu sejumlah kondisi serius, sehingga perlu mengonsumsi obat maag untuk mengatasinya.

Dikutip dari NDTV Food, maag atau masalah lambung lainnya umumnya dipicu akibat kebiasaan hidup yang tak sehat, seperti makan terlalu berat, terlalu pedas, hingga ditandai dengan perut terasa penuh, panas, atau kembung. Biasanya dokter akan memberikan obat-obatan medis, namun pengidap juga bisa mencoba sejumlah bahan alami untuk meringankan gejala nyeri akibat maag.

Obat Maag dari Bahan Alami

1. Daun Kemangi

Daun kemangi memiliki sifat menenangkan dari yang dapat memberikan bantuan instan ketika lambung mengalami massalah. Tips daun kemangi untuk dijadikan obat maag adalah memakan langsung beberapa daun kemangi atau rebus 3 sampai 4 daun kemangi dalam secangkir air dan biarkan mendidih selama beberapa menit, kemudian minum.

2. Kayu Manis

Bumbu dapur satu ini berfungsi sebagai antasid alami untuk asam lambung dan dapat menenangkan perut dengan meningkatkan pencernaan dan penyerapan. Minumlah teh kayu manis untuk menyembuhkan infeksi pada saluran cerna. Kayu manis adalah pembangkit nutrisi dan sarat dengan khasiat bermanfaat bagi kesehatan.

3. Gula Merah

Obat maag alami selanjutnya adalah gula merah. Mungkin beberapa orang tidak percaya bahwa gula merah dapat menjadi obat maag, namun kenyataannya gula merah memiliki khasiat dalam menangani masalah lambung.

"Karena kandungan magnesiumnya yang tinggi, gula merah membantu meningkatkan kekuatan usus," kata Dr Manoj K Ahuja, dari Rumah Sakit Fortis, New Delhi.

Gula merah membantu pencernaan dan membuat sistem pencernaan lebih bersifat basa, sehingga mengurangi keasaman lambung. Mengisap sepotong kecil gula merah setelah makan, dapat memberikan manfaat. Tidak hanya itu, gula merah juga membantu menjaga suhu tubuh normal dan mendinginkan.

4. Cengkeh

Selama bertahun-tahun, cengkeh telah menempati posisi penting dalam pengobatan tradisional mengobati gangguan pencernaan. Cengkeh bersifat karminatif, sehingga dapat mencegah pembentukan gas di saluran pencernaan.

Tambahkan cengkeh saat memasak makanan seperti kacang merah atau lentil hitam yang cenderung menyebabkan perut kembung. Seseorang juga bisa memakan cengkeh dan kapulaga yang dihancurkan (dicampur dalam jumlah yang sama) untuk mengobati masalah lambung dan menghilangkan bau mulut.

5. Jahe

Jahe memiliki sifat pencernaan dan anti-inflamasi yang sangat baik, sehingga dapat membantu menetralkan asam lambung. Seseorang bisa mengunyah seiris jahe segar atau meminum satu sendok jus jahe dua hingga tiga kali sehari. Bisa juga merendam jahe segar di dalam secangkir air mendidih dan minum selagi hangat.

6. Air Kelapa

Air kelapa bisa menjadi pilihan sebagai obat maag alami karena air kelapa dipercaya dapat menetralkan asam lambung.

"Saat Anda minum air kelapa, tingkat pH asam tubuh Anda berubah menjadi basa," tambah Dr Ahuja, dari Rumah Sakit Fortis.

Air kelapa juga dapat membantu menghasilkan lendir di perut, yang dapat melindungi perut dari efek berbahaya dari produksi asam berlebih. Air kelapa juga kaya serat, sehingga membantu pencernaan dan mencegah asam lambung kambuh kembali.

Jadi, masyarakat juga perlu tahu nih! Selain mengonsumsi obat maag, perlu juga untuk mengubah pola hidup yang diduga menjadi pemicunya, salah satunya mengurangi konsumsi makanan yang terlalu pedas.



Simak Video "Obat Maag Ranitidin Ditarik, BPOM Umumkan Daftar Obat Pengganti"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT