ADVERTISEMENT

Sabtu, 13 Agu 2022 15:15 WIB

Tiap Hari Konsumsi Minuman Berenergi, Pria Ini Idap Penyakit Jantung

Irene Putri Wibowo - detikHealth
Viral TikTok @sageyweebs Viral sakit jantung karena minuman berenergi (Foto: Viral TikTok @sageyweebs)
Jakarta -

Viral video TikTok seorang pria dengan username @sageyweebs membagikan kisahnya akibat minum minuman energi selama dua tahun, hingga terkena penyakit jantung di usia dini. Dalam tanya jawab di komentar, ia mengaku minum 1-2 kaleng setiap hari dan jarang minum air putih.

Banjir komentar netizen yang membagikan cerita hampir sama dengannya. Tapi benarkah minuman berenergi bisa memicu penyakit jantung?

Hannah Drake, seorang juru bicara dari Yayasan Jantung membuat video tanggapan atas kisah viral tersebut. Dalam video tanggapan yang tidak kalah viral tersebut, ia menegaskan minuman berenergi dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, denyut jantung tidak beraturan, stroke, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya.

"Banyak orang penasaran, apakah ini beneran? Apakah ini bisa terjadi? Saya tidak suka menyebar berita buruk, tapi ya (benar)," kata Hannah mengawali videonya.

"Satu contoh spesifik adalah atrial fibrillation yang merupakan salah satu jenis aritmia. Ini bisa memicu gumpalan darah dan meningkatkan risiko stroke dan gagal jantung," jelas Hannah.

American Heart Association pada 2021 melaporkan sekitar 20 persen serangan jantung di Amerika Serikat tidak bergejala. Artinya, seseorang kadang tidak menyadari dirinya sedang mengalaminya.

"Tapi kerusakan di jantungnya tetap terjadi. Dan mereka jadi semakin rentan untuk mengalami serangan jantung yang kedua. Jadi, ada banyak orang yang mungkin dalam risiko dan mereka mungkin tidak menyadarinya," kata Hannah.



Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT