ADVERTISEMENT

Selasa, 16 Agu 2022 13:01 WIB

BPOM Harap Izin EUA Vaksin Merah Putih Unair-Biotis Keluar 17 Agustus!

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Program vaksinasi massal di Tangerang terus dilakukan. Vaksinasi COVID-19 kini sasar orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan individu berkebutuhan khusus (IBK). ilustrasi vaksin (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Vaksin Merah Putih besutan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya-PT Biotis Pharmaceutical Indonesia rencananya akan ditargetkan mengantongi izin penggunaan darurat (EUA) dari Badan Pengawas Obat Makanan (BPOM RI) pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2022. Saat ini vaksin tersebut baru memasuki uji klinis fase 3. Lantas, bagaimana perkembangannya?

Direktur Pengawasan Produksi Obat, Narkotika, Psikotropika, dan Prekursor Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Apt Dra Togi Junice Hutadjulu, MHA, mengungkapkan sampai saat ini EUA dari vaksin tersebut masih diproses.

Hal tersebut dikarenakan Vaksin Merah Putih ini masih dalam tahap pengembangan, sehingga perlu menerapkan prinsip ke hati-hatian.

"Dan sekarang pada dasarnya masih berjalan. Kita kan harus ada kehati-hatian karena kan baru pengembangan ya, tentunya nanti kalau sudah memenuhi aspek khasiat keamanan mutu itu baru (izin edar)," ucapnya saat ditemui detikcom di Depok, Selasa (16/8/2022).

"EUA-nya masih berproses, kita harus hati-hati," imbuhnya.

Meski belum bisa memastikan, Dra Togi berharap agar EUA Vaksin Merah Putih nantinya dapat keluar bertepatan pada Hari Kemerdekaan RI.

"Harapannya, tapi nanti kita lihat," lanjutnya lagi.



Simak Video "Skema Uji Klinis Fase 3 Vaksin Merah Putih Unair"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT