ADVERTISEMENT

Jumat, 19 Agu 2022 09:02 WIB

Dokter Menjawab

Mr P Tak Pernah Ereksi di Pagi Hari, Apakah Tanda Impoten Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Banana peeled Foto ilustrasi: iStock
Jakarta -

Pertanyaan:

Mau tanya Dok...

Dok, setiap bangun pagi penis saya tak pernah ereksi. Apakah saya termasuk impoten? Dan bagaimana cara penyembuhannya?

Sebagai tambahan, saya belum pernah berhubungan badan Dok. Terima kasih.

IR (pria, 25 tahun)

Jawaban:

Tanda fungsi saraf simpatik dan parasimpatik serta dari sirkulasi hormon pada pria memang antara lain ereksi di pagi hari. Bila tidak ada ereksi apakah berarti impoten? Ini kekhawatiran yang wajar, tetapi masih terburu-buru.

Di dalam tidur, bisa saja terjadi ereksi dan kemudian kembali melunak tanpa disadari, dan ini terjadi berulang kali. Tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan.

Selain itu, siklus ereksi dan melunak berlangsung sepanjang hari dan kekerasannya bisa bervariasi. Fenomena ini tidak menjadi tanda seseorang impoten atau tidak.

Apakah yang bisa menjadi penyebab gagal ereksi?

Sebagian besar adalah masalah psikologis, misalnya stres atau khawatir berlebihan. Sebagai contoh karena terlalu ingin 'perform' saat berhubungan badan atau stres karena pekerjaan dan kehidupan sehari-hari.

Selain itu, ada berbagai sebab lain seperti gangguan pembuluh darah, penyakit tertentu seperti diabetes melitus, atau gangguan persarafan akibat kecelakaan.

Rajin berolahraga, tidak merokok dan tidak menggunakan obat-obatan, alkohol, serta berpikir positif bisa menjaga kualitas ereksi pria.

dr Eddy Wiria, PhD

Co-Founder dan CEO Kavacare.id

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Klinik Pengobatan Mak Erot Juga Bisa Tangani Keluhan Mr P Patah"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT