ADVERTISEMENT

Jumat, 19 Agu 2022 10:30 WIB

Ini Gelar Era Soviet yang Bakal Diberikan Putin ke Ibu dengan 10 Anak

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Russian President Vladimir Putin gives a command to destroy the last chemical ammunition from Russias chemical weapon stockpile via a video conference at the Novo-Ogaryovo state residence outside Moscow on September 27, 2017. / AFP PHOTO / Sputnik / Mikhail KLIMETYEV Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: AFP PHOTO / Sputnik / Mikhail KLIMETYEV)
Jakarta -

Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani dekrit yang menghidupkan kembali penghargaan 'Mother Heroine' era Soviet untuk wanita dengan 10 anak atau lebih, dalam upaya nyata untuk meringankan krisis demografis di negara itu.

"Pembayaran 1 juta rubel (sekitar Rp 230 juta) juga akan diberikan kepada ibu begitu anak ke-10 mereka berusia satu tahun," demikian bunyi dekrit tersebut dikutip dari CNN.

Anak-anak juga harus diberikan tingkat perawatan yang tepat untuk kesehatan, pendidikan, perkembangan fisik, spiritual dan moral. Selain itu, 10 anak tersebut harus tetap hidup, kecuali mereka meninggal dalam dinas militer atau sipil, atau dalam serangan teroris.

Seperti apa sih gelar Mother Heroine itu?

Awalnya, kehormatan itu diperkenalkan oleh Joseph Stalin setelah Perang Dunia II, ketika populasi Soviet merosot hingga puluhan juta.

Pemberian penghargaan tersebut akhirnya berhenti dengan runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991. Menurut pencatatan, setidaknya ada 430 ribu wanita yang pernah menerima gelar tersebut.

Mereka yang menerima gelar akan menjadi peringkat yang setara dengan mereka yang memiliki gelar 'Pahlawan Federasi Rusia', yang biasanya diberikan untuk keberanian; dan 'Pahlawan Buruh' diberikan untuk layanan kepada negara.

Pemberian gelar 'Mother Heroine' ini tidak tidak hanya untuk menghormati keluarga besar, tetapi juga untuk meningkatkan bantuan keuangan bagi wanita hamil, ibu dari keluarga besar, dan ibu tunggal, dan mempromosikan peningkatan tingkat kesehatan ibu dan anak.



Simak Video "Kesehatan Putin Disorot Lagi Gegara Batuk-batuk Sebelum Pidato"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT