ADVERTISEMENT

Jumat, 19 Agu 2022 15:00 WIB

Alasan Juru Bahasa Isyarat HUT RI Ikut 'Goyang' Saat Farel Prayoga Berdendang

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
viral bahasa isyarat Winda Utami. Foto: Tangkapan layar Youtube: Sekretariat Presiden
Jakarta -

Siaran langsung HUT ke-77 Republik Indonesia yang dilaksanakan Rabu (17/8/2022), di Istana Negara, Jakarta Pusat, dimeriahkan oleh penampilan penyanyi cilik Farel Prayoga. Saat ia menyanyikan lagu 'Ojo Dibandingke' di hadapan Presiden Joko Widodo dan para peserta perayaan yang hadir, juru bahasa isyarat mencuri perhatian lewat 'goyangan' saat bertugas menerjemahkan saat siaran langsung.

Winda Utami, juru bahasa isyarat yang bertugas pada acara tersebut buka-bukaan tentang momen tersebut. Kepada detikcom, ia menceritakan alasan melakukan gerakan seperti bergoyang tersebut.

"Jadi saya saat menerjemahkan lagu, saya fokus bagaimana teman-teman tuli saya bisa ikut menikmati lagu. Bisa ikut tau alat musik apa yang dimainkan," ucap Winda dihubungi detikcom, Jumat (19/8/2022).

Winda tak menyangka bahwa apa yang dia lakukan akan viral di sosial media.

"Saya sama sekali tak menyangka (viral), karena apa yang saya lakukan itu betul-betul tujuannya untuk teman-teman tuli," tuturnya.

"Yang penting dalam JBI ada tiga yaitu, isyarat, ekspresi dan verbal. Jadi saya menggambarkan situasi yang ada di situ, termasuk musik," sambungnya.

Winda bersyukur apa yang ia lakukan bisa dinikmati oleh khalayak umum bukan hanya para tunarungu atau orang dengan kondisi tuli.

"Tapi ternyata itu juga bisa dinikmati oleh orang yang dengar, itu rezeki dan bonus buat saya," pungkasnya.

NEXT: Tantangan dalam Melakukan Bahasa Isyarat

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Heboh Juru Bahasa Isyarat HUT Ke-77 RI Ikut Joget 'Ojo Dibandingke'"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT