ADVERTISEMENT

Jumat, 19 Agu 2022 20:29 WIB

Juru Bahasa Isyarat Winda Utami Bagikan Tips Ngobrol dengan Teman Tuli

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
viral bahasa isyarat Winda Utami, juru bahasa isyarat yang viral (Foto: Tangkapan layar Youtube: Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Winda Utami, juru bahasa isyarat yang bertugas pada acara siaran langsung HUT ke-77 RI mendadak viral. Winda, sapaan akrabnya, mencuri perhatian netizen lewat 'goyangan' saat menerjemahkan ke dalam bahasa isyarat lagu 'Ojo Dibandingke' yang dinyanyikan penyanyi cilik Farel Prayoga.

Kepada detikcom, ia mengaku tak menyangka apa yang ia lakukan mendadak menjadi viral di sosial media.

"Saya sama sekali tak menyangka (viral), karena apa yang saya lakukan itu betul-betul tujuannya untuk teman-teman tuli," ucapnya dihubungi detikcom, Jumat (19/8/2022).

viral bahasa isyaratWinda Utami saat menerjemahkan momen Farep Prayoga menyanyi ke bahasa isyarat. Foto: Tangkapan layar Youtube: Sekretariat Presiden

Menurutnya, kesempatan ini juga membuat orang-orang bisa lebih sadar tentang pengetahuan bahasa isyarat dan perhatian kepada orang-orang dengan kondisi tunarungu atau tuli.

"Orang dengar bisa lebih aware tentang tuli dan mau belajar isyarat, berikan kepercayaan dan kesempatan ke teman tuli, temen tuli banyak potensinya," ungkapnya.

Winda menyatakan bahwa orang normal tidak perlu merasa kesulitan berkomunikasi dengan orang kondisi tuli. Tanpa bahasa isyarat, orang tuli masih bisa mengerti apa yang orang normal sampaikan lewat gerakan bibir atau melalui teks.

"Jangan takut untuk memulai komunikasi dengan teman tuli. Sering bergaul sama teman tuli, semisal nongkrong bareng dengan teman tuli," ungkapnya.

"Bisa pakai verbal, bicara biasa saja nggak perlu teriak-teriak asalkan face to face sama orang tuli. Jangan membelakangi atau menunduk, bisa lewat tulisan HP atau tulisan tangan," tambahnya.

NEXT: Alasan Winda 'Bergoyang' dalam Menerjemahkan Lagu

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Heboh Juru Bahasa Isyarat HUT Ke-77 RI Ikut Joget 'Ojo Dibandingke'"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT