ADVERTISEMENT

Jumat, 19 Agu 2022 17:00 WIB

Gampang Ambruk saat Upacara? Catat Saran Dokter Biar Kuat Berdiri Lama

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Viral salah satu Kowad yang menolak ditandu sampai menyelesaikan tugasnya pada saat upacara bendera di Istana Merdeka. Foto: Dok. TIkTok @blinkblink25.
Jakarta -

Viral seorang wanita TNI Angkatan Udara (Wara) ambruk pada saat upacara HUT RI ke-77 di Istana Negara. Hal tersebut diketahui dari video yang diunggah akun TikTok @blinkblink25. Dalam videonya, terlihat wanita tersebut sempoyongan dan sempat ditahan oleh rekannya yang berada di belakangnya. Setelah ambruk, wanita tersebut langsung bangun dan kembali ke posisi tegak.

Terlepas dari kejadian tersebut, bagaimana caranya agar tidak ambruk berdiri lama seperti pada saat upacara?

Praktisi kebugaran dr Michael Triangto, SpKO dari RS Mitra Keluarga Kemayoran, menjelaskan seseorang sebaiknya memenuhi nutrisi gizi tubuh terlebih dahulu, seperti makan dan minum yang cukup sebelum melaksanakan upacara. Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga kadar gula darah di dalam tubuh stabil.

"Sebelum upacara harus makan dulu yang cukup, harus minum dulu yang cukup, bukan berlebihan tapi cukup," tuturnya saat dihubungi detikcom, Jumat (19/8/2022).

dr Michael juga menyarankan bagi seseorang yang jarang olahraga sebaiknya membiasakan melakukan kegiatan tersebut agar jantung dan otot lebih kuat memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan begitu, adanya tips-tips tersebut diharapkan untuk bisa meminimalisir kejadian-kejadian yang tak diinginkan, seperti misalnya pingsan saat upacara.

"Kemudian dari sendiri kurang olahraga, ya biasakan olahraga supaya jantungnya lebih kuat, tensinya tidak rendah, otot-ototnya kuat bisa memompa darah ke seluruh tubuh," imbuhnya lagi.

Bagaimana jika sedang haid? Saat haid, seorang wanita akan banyak kehilangan darah. Berbagai keluhan seperti mudah pusing kerap pula menyertai.

"Kalau misalnya kira-kira nggak kuat, lapor dulu bahwa kurang sehat. Kecuali kalau dipaksa juga apa boleh buat, tapi dilakukan makan minum yang cukup, olahraga sebelumnya, kita harapkan kita bisa meminimalisir kejadian-kejadian seperti tadi," imbuh dr Michael.



Simak Video "Viral 'Fetish KTP' Diduga Penipuan, Ini Kata Dokter Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT